Kurban Bernuansa Ilmiah


MALANG - SMA Islam Sabilillah mengajak siswanya untuk melakukan proyek penelitian seputar hewan kurban. Siswa melakukan analisa mulai proses penyembelihan hewan kurban, hingga meneliti kandungan gizi yang ada di daging. Hasil penelitian mereka kemudian disusun dalam bentuk laporan Project based Learning (PJBL) yang harus dikumpulkan dalam beberapa hari ke depannya.
“Semuanya kita kemas dengan sistem pembelajaran yang mengacu pada tingkat keterampilan berpikir di abad 21," terang Waka Kesiswaan dan Humas SMA Islam Sabilillah, Agus Budiono, S.Pd.
Menurutnya, perayaan Idul Adha di SMAIS dibuat tidak biasa. Siswa tidak hanya diajarkan cara berkurban, tetapi juga digelar lomba. Dalam satu kelas, siswa dibagi beberapa kelompok. Diantaranya ada yang bertugas menyalurkan  hewan kurban ke daerah minus dan minoritas muslim. Ada kelompok yang ikut lomba festival sate, dan juga ada yang bertugas membuat laporan PJBL.
Sementara siswa di kelompok lomba sate, bertugas memberikan diskripsi dan mempresentasikan hasil olahan mereka di depan juri dengan menggunakan bahasa Inggris.
"Semuanya kita kemas dengan sistem pembelajaran yang mengacu pada tingkat keterampilan berpikir di abad 21," terang Agus. (imm/oci)

Berita Terkait