Kenalkan Teknologi Bisnis untuk Startup


MALANG - Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama kembali mendatangkan sejumlah pakar ‘startup’ internasional. Kali ini Unikama mendatangkan tiga tokoh yaitu AETP Programme Manager ZHAW Zurich University Max Weber, Coordinator AETP Program Alexander Epivanijanto, dan CEO Ledgernow Singapore Leonardus Ghazali.
“Tujuan kami ingin memberikan wawasan kepada audience yang tak hanya dari kalangan mahasiswa, untuk meningkatkan wawasan terkait teknologi bisnis dengan mendatangkan para pakar startup,” ungkap Ketua Pusat Bisnis Jacobus Wiwin S.T, S.Kom, M.Kom.
Beberapa waktu sebelumnya, PBK Unikama juga telah menghadirkan langsung Head of AWS ASEAN Shang Gao untuk berbagi wawasan terkait dengan cara membangun startup. Sedang kali ini, PBK Unikama hadirkan tiga tokoh pakar untuk menekankan bagaimana konsep pengembangan bisnis dalam sebuah startup.
“Beda dengan sebelumnya, kali ini lebih fokus pada pengembangan bisnis pada startup yang sudah dibangun,” sambungnya.
Kegiatan kali ini dikemas sebagai International Workshop and Public Lecture yang mengusung tema tentang How To Build A World Class Startup. Meskipun begitu, workshop tersebut tak hanya dihadiri oleh mahasiswa Unikama, namun juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan Pemkot Malang, Perguruan Tinggi Lain, dan juga dari Industri.
Pada kesempatan tersebut Max Weber sampaikan bahwa ini pertama kalinya Swiss dan Indonesia melakukan kerja sama bidang teknologi bisnis. Kedua negara sama-sama memiliki potensi besar untuk tingkatkan sektor teknologi bisnis terutama terkait dengan sumber daya usia produktif.
Ke depannya, pengembangan startup di kalangan pemuda Indonesia akan miliki potensi yang sangat besar. Oleh karenanya, para perintis startup harus perhatikan sejumlah faktor agar startup yang telah dibangun dapat dikembangkan pada sistem bisnis jangka panjang.
“Dapat dipastikan 90 persen startup gagal, bukan karena kurang modal atau kurang lakukan penelitian. Namun seringkali mereka lupa akan kebutuhan dari konsumen,” ungkap Max Weber pada segenap hadirin di Auditorium Unikama, Selasa (14/5).

Berita Lainnya :