ITN Malang Perkuat SDM Pemerintah Daerah

 
MALANG – Institut Teknologi Nasinal (ITN) Malang kembali memperpanjang kerja sama dengan Kabupaten Tojo Una-una. Penandatanganan MoU dilaksanakan Kamis, (12/7), di Gedung Pascasarjana ITN. Poin penting dalam kesepakatan ini yakni terkait pengembangan sumber daya dan pembangunan daerah.
Ruang lingkup kerja sama diantaranya bidang perencanaan pembangunan daerah, perencanaan umum, dan teknis, pengembangan teknologi, pemrosesan data dan perumusan kebijakan pemerintah. Selain itu juga dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia serta pengembangan sistem aplikasi tertentu.
Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, menyampaikan, kerja sama ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam penguatan sumber daya di daerah. Bahkan kerja sama antara kedua belah pihak sudah terjalin lama dan telah menuai kesuksesan.
“Terbukti dari Kabupaten Tojo Una-una yang memperpanjang kerja samanya dengan kami, artinya periode kemarin berjalan sukses sehingga mereka mempercayakan ITN Malang untuk membantu pengembangan daerah tersebut,” ujar Lalu.
Ia melanjutkan, untuk ikut serta berkontribusi mengembangkan sumber daya ITN Malang juga membangun kerja sama dengan pihak lain baik perguruan tinggi, pemerintah maupun perusahaan. Bahkan MoU dengan pemerintah daerah tidak hanya dilakukan dengan Tojo Una-una, melainkan di daerah lain seperti NTT yang sudah mencapai 40 persen.
“Intinya dengan kerja sama ini kami ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya dalam pengembangan wilayah dan sumber daya manusia. Bahkan penguatan SDM juga dilakukan oleh pemerintah daerah seperti Kabupaten Gowa mengirim sebanyak 35 putra-putri terbaiknya untuk menempuh pendidikan di ITN Malang,” papar Lalu.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) kabupaten Tojo Una-Una, Rizal C. Panjili, SE, M.AP, menambahkan, kerja sama dengan ITN Malang yang menjadi prioritas yakni dalam bidang perencanaan dan pembangunan tata ruang yang harus diperbarui.
“Dari beberapa poin penting yang paling kami butuhkan yakni pengembangan wilayah dan sumber daya manusia. Yang memungkinkan untuk dikerja samakan yakni dua hal tersebut, karena terus terang saja daerah kami dalam proses pengembangan,” ujar Rizal.
Lebih lanjut, ITN Malang menjadi sasaran Kabupaten Tojo Una-Una terkait dengan bidang teknik yang lebih spesifik untuk membantu pengembangan daerah. Khususnya potensi pariwisata sebagai andalan dan menjadi kawasan strategi pariwisata nasional meskipun baru tahap promosi.
“Mudah-mudahan dengan kerja sama dengan ITN Malang bisa mendorong kami dalam pengembangan pariwisata tersebut. Terlebih kami memiliki tiga visi yakni kemaritiman, pertanian, dan pariwisata yang juga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi negeri,” pungkasnya. (lin/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...