Sekolah untuk Masyarakat

 
Selama ini, ada paradigma yang cukup kuat bahwa sekolah seakan-akan berdiri sendiri, bukan menjadi bagian dari masyarakat. Akibatnya, sekolah tidak tau apa yang terjadi di masyarakat, begitupun sebaliknya. Jika mengikuti paradigma ini, maka sekolah tidak akan pernah menjadi instrumen untuk transformasi sosial.
Alih-alih menjadi alat untuk perubahan sosial, apa yang diajarkan di sekolah seringkali justru tidak compatible dengan apa yang dibutuhkan di masyarakat. Dampaknya adalah lulusan sekolah seperti terasing dari masyarakat sekitarnya. Lebih jauh, banyak lulusan sekolah yang menganggur.
Dewasa ini, sering kali kita melihat lulusan sarjana yang akhirnya menganggur, karena kemampuan yang dimilikinya tidak banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tak sedikit juga dari para sarjana yang memiliki pekerjaan jauh dari bidang yang dimilikinya seperti lulusan sastra yang pada akhirnya bekerja di bank. 
Fenomena seperti ini akan membentuk mindset yang jelek terhadap eksistensi sekolah itu sendiri. Di mana sekolah belum menunjukkan kekuatan pendidikan itu sendiri. Masyarakat belum bisa merasakan secara langsung manfaat pendidikan itu sendiri untuk lingkungan sosial. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi baru yang bisa menjalin dan mempererat hubungan sekolah dengan masyarakat.
 
Pendidik
Salah satu komponen terpenting dalam sekolah adalah guru. Guru merupakan sosok sangat berharga dalam pendidikan, karena gurulah yang akan menyampaikan segala ilmu kepada para siswanya. Guru juga merupakan sosok yang akan ditiru perilakunya oleh siswanya. Guru dengan etika yang baik sangatlah dibutuhkan di era ini.
Namun, realitas menunjukkan hal lain, banyak sekali guru yang terlambat masuk kelas. Bukan hanya sekali namun berkali-kali, bahkan bisa saja dalam satu hari pasti ada satu dua guru yang tidak memasuki kelas.
Disinilah perlu dibangun kemitraan pendidik dengan sekolah dan juga pendidik dengan pemerintah. Sekolah bertugas mengawasi kinerja guru dan mengatur kinerja guru. Pemerintah juga memiliki peran penting di mana pemerintah berhak menegur, atau pun memberi hukuman kepada pendidik yang tidak disiplin.
 
Pemerintah 
Sekolah merupakan salah satu instrumen pemerintah dimana pemerintah menitipkan generasi-generasi bangsa untuk dididik dengan baik dan juga tempat dimana pemerintah bisa mengatur dan mengawasi persoalan pendidikan yang ada di Indonesia. Sekolah juga merupakan salah satu bentuk strategi pendekatan yang dilakukan pemerintah untuk lebih dekat dengan masyarakat.
Untuk itu, sekolah juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah. Salah satunya adalah melaporkan hasil belajar kepada pemerintah. Selain itu sekolah juga wajib melaporkan keadaan fasilitas kepada pemerintah agar pemerintah dapat mengawasi keadaan sekolah tersebut.
Pemerintah bertugas memberikan feedback dan layanan kepada pihak sekolah atas apa yang terjadi di sekolah tersebut. Pemerintah wajib menyediakan sarana pembelajaran yang layak mulai dari gedung sekolah hingga sumber daya manusia yang memadai.

Berita Lainnya :

loading...