Ketika Jokowi Bertemu Suju

 
Ada yang menarik dari lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Korea Selatan beberapa waktu lalu. Selain mengadakan pertemuan bilateral di kantor kepresidenan Cheong Wa Dae, Seoul dan bertemu para pebisnis, Jokowi juga bertemu boyband Super Junior (Suju). Foto-foto pertemuan Jokowi yang didampingi ibu negara Iriana itu viral di media sosial (medsos) setelah diunggah akun medsos resmi Suju.
Foto-foto pertemuan Jokowi dan Suju itu dibagikan lewat akun Twitter resmi Suju, @SJofficial. Dalam pertemuan tersebut terlihat Jokowi, Iriana, dan Suju berfoto bersama dengan gaya khas Suju saat menyapa fans. Mereka kompak berfoto dengan gaya “salam 5 jari”. Dalam foto tersebut tampak dari kiri Ryeowook, Yesung, Donghae, Shindong, Leeteuk, Siwon, dan Eunhyu. Sementara anggota Suju yang lain yakni Kyuhyun dan Heechul tak terlihat dalam foto.
Foto-foto pertemuan Jokowi dan Suju menjadi topik yang ramai dibicarakan (trending topic) di medsos. Mayoritas para pengguna internet (netizen) mengapresiasi pertemuan yang terbilang unik antara Jokowi dan Suju itu. Dalam pertemuan itu Jokowi juga memuji penampilan Suju saat boyband legendaris itu membawakan tiga lagu populernya yakni “Sorry Sorry”, “Mr Simple”, dan “Bonamana” dalam acara penutupan Asian Games 2018 di Indonesia yang sangat sukses itu. 
 
Popularitas K-Pop
K-Pop atau Korean Pop memang pernah booming melanda para remaja Indonesia. Suju sukses membius para remaja Indonesia dengan lagu-lagu dan aksi panggungnya. Saat ini tidak kurang dari 10 ribu penggemar Suju di tanah air. Mayoritas diantara mereka adalah remaja generasi milenial yang jumlahnya sangat besar di Indonesia. Suju tergolong boyband yang penjualan albumnya sangat sukses di Indonesia.
Selain Suju, artis Korea lain yang sempat bikin heboh di Indonesia adalah F4. Melalui drama Korea yang bertajuk Meteor Garden menjadikan artis F4 idola bagi sebagian masyarakat. Penyanyi asal Korea Psy juga pernah sukses lewat lagunya “Gangnam Style”. Bahkan joget gaya Psy juga pernah jadi tren dunia yang dimainkan mulai dari orang biasa hingga artis, politisi, dan para figur publik terkemuka. 
Popularitas K-Pop di Indonesia tidak terlepas dari peran media terutama televisi, internet dan medsos. Beberapa stasiun televisi Indonesia menayangkan program produk Korea dan menuai jumlah penonton (rating) yang cukup tinggi. Beragam platform medsos seperti Youtube, Facebook, Instagram juga turut menjadikan masifnya gelombang budaya produk Korea itu membius masyarakat Indonesia. 
Kelompok penggemar yang tergabung dalam beragam fans base juga bermunculan di Indonesia. Banyak remaja Indonesia yang disatukan oleh kesamaan minat sebagai penggemar K-Pop. Para Korean Lovers Indonesia bisa jadi pasar potensial bagi Korea. Korea benar-benar menggarap pasar Indonesia melalui beragam produk budaya dan industrinya. Inilah cara kreatif Korea dalam menjual produk budaya dan daganganya.  

Berita Lainnya :