Ijtihad Membersihkan Malang Dari Korupsi

 
Pasca ditetapkannya 22 tersangka baru oleh KPK total anggota DPRD Kota Malang yang tersandung korupsi suap P-APDB 2015 sebanyak 41 dari 45 Anggota. Selain itu, di sisi eksekutif mantan walikota malang Moh. Anton dan mantan kepala dinas PU Jarot Edy Sulistiono juga telah divonis pengadilan tindak pidana korupsi Jawa Timur. Terungkapnya kasus korupsi suap perubahan APBD 2015 Kota Malang  menjadi penanda bahwa pemerintahan Kota Malang telah mengalami degradasi moral dan integritas.

Dua Entitas Manusia Melenial

 
Smartphone dan internet sudah layaknya tubuh dan nyawa. Punya smartphone tapi tak ada paket internet percuma. Punya paket internet tapi tak ada smartphone sama percumanya. Lalu bila ada yang mengatakan internet sumber segala mudlarat, apa lantas kita akan membuang smartphone yang menjadi tubuh dan otomatis nyawanya (internet) akan menghilang dengan segenap mudlaratnya? 

Merawat Amanah Rakyat

 
DPRD Kota Malang mencatatkan rekor. 41 dari 45 anggotanya ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka. Pasca reformasi, inilah rekor tangkapan terbanyak KPK untuk anggota DPRD di suatu wilayah. Tentunya, rekor ini tidak untuk dibangakan, namun perlu dijadikan sebagai pembelajaran bagi kita semua, khususnya warga Kota Malang, agar di tahun 2019, saat pemilu legislatif (Pileg) digelar, lebih cermat dalam memilih wakil rakyat.