Pemimpin yang Kembangkan "Cahaya Tuhan"

Oleh Ana Rokhmatussa’diyah
(Dosen Fakultas Hukum Unisma Penulis Buku - Ketua Pokja 1 TP PKK Kota Malang dan ketua Club Socialita Malang Raya)

“Hidup kita meningkat hanya bila kita mengambil kesempatan-kesempatan, dan risiko pertama dan paling sulit yang dapat kita ambil adalah jujur dengan diri kita sendiri”, demikian Walter Anderson, yang sebenarnya ditujukan pada setiap diri kita untuk selalu optimis dan berkreasi di lini apapun supaya kehidupan ini menjadi bermakna.
Kita akan merasa seperti menjadi orang yang tidak berguna atau tidak bermanfaat dalam hidup ini karena kesalahan “memanajemen” diri yang tidak berpijak pada “ideologi” kehidupan, bahwa dalam hidup ini, seseorang harus terus kreatif dan inovatif. Tidak boleh namnya putus asa atau menyerah dengan kondisi. Sesulit atau seberat apapun kondisi yang dihadapinya, harus didekonstruksinya dengan usaha atau melakukan aktivitas agar bisa menghasilkan perubahan hidup.

Koperasi dan Industri 4.0


Satu setegah abad lebih sudah koperasi di Indonesia berdiri setelah ditetapkannya Hari Koperasi pada 12 Juli 1947 di Tasikmalaya. Koperasi merupakan suatu sistem ekonomi yang berprinsip kekeluargaan dan gotong royong.

Kecerdasan Pemilih dalam Pemilu

Oleh Farid Rusman
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Malang

Partisipasi politik masyarakat di dalam pemilihan umum, baik itu pemilihan kepala pemerintahan (presiden dan wakil presiden, gubernur dan wakil gubernur, bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota), maupun pemilihan wakil rakyat (DPR RI, DPRD I & II, DPD), selain perlu ditingkatkan jumlah partisipannya, juga perlu ditingkatkan kualitas partisipasinya sebagai pemilih. Jumlah partisipan (pemilih)  dalam pemilihan umum menentukan tingkat legitimasi (keabsahan) hasil pemilihan umum tersebut. Sementara kualitas partisipasi pemilih di dalam pemilu sangat menentukan mutu pemimpin (kepala pemerintahan) dan mutu wakil rakyat yang akan terpilih.