Sayangi Jantung, Jaga Pola Hidup Sehat


MALANG - Ribuan masyarakat mengikuti kegiatan senam bersama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Malang Raya di Lapangan Rampal, Sabtu (15/6). Selain senam, juga digelar cek kesehatan gratis dan layanan BPJS Kesehatan. Masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut juga mendapatkan doorprize.
Sejak pukul 06.00 pagi, seluruh masyarakat, baik anak-anak, remaja hingga usia senja berkumpul di Lapangan Rampal. Ketua YJI Cabang Malang Raya, Dewanti Rumpoko mengungkapkan, event senam jantung sehat dan pemeriksaan gratis tersebut sudah dilakukan kali ketiga.
"Event ini diadakan turut memeriahkan HUT Kota Malang pada bulan April lalu. YJI ini cikal bakalnya, ya dari Kota Malang," terang perempuan yang juga menjabat sebagai Wali Kota Batu itu.
Dewanti juga mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Yakni dengan cara berolahraga, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, tidak merokok dan menghadapi stres.
"Jangan lupa, awasi tekanan dan gula darah. Supaya kondisi jantung kita tetap sehat dan prima," papar dia.
Dijelaskannya, selama ini YJI cabang Malang Raya mendapat bantuan dari pemerintah daerah, baik kota maupun Kabupaten Malang untuk menanggung biaya pasien penderita penyakit jantung. "Kebanyakan pasien penyakit jantung berasal dari warga tidak mampu, biaya operasi juga mahal," papar dia.
 Dewanti mengungkapkan, sebagai lembaga yang fokus pada kesehatan jantung, YJI juga mengajak anak muda untuk berperilaku sehat, salah satunya dengan mengubah pola makan sehat terhadap anak muda.
"Penyakit jantung juga menyerang anak-anak muda. Untuk itu, pola hidup yang sehat penting dipahami dan dilakukan sejak dini," ujar dia.
Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, saat ini, penyakit jantung merupakan salah satu faktor tertinggi penyebab kematian seseorang. "Sehingga dengan adanya gerakan ini (senam bersama YJI), masyarakat bisa meningkatkan dan menjaga kondisi kesehatan," papar dia.
Upaya menjaga kesehatan tersebut, lanjut dia, merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi risiko penyakit yang menyerang. "Lebih baik mencegah daripada mengobati, jaga kesehatan sejak dini," tegas dia.
Dalam acara tersebut, YJI Cabang Malang Raya juga memberikan bantuan berupa tensimeter, stetoskop dan timbangan badan, alat ukur tensi wireless untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.(tea/aim)

Berita Terkait