Full Color Bakar Semangat Senamers Rampal

 
MALANG – Lagu Pikir Keri membuka gerakan pemanasan Senam Rampal yang digelar Malang Post bersama Kodim 0833 Kota Malang, Minggu (5/8) pagi. Bernada remix, lagu yang dipopulerkan Via Vallent ini menggugah semangat ribuan senamers. Tidak sedikit dari senamers ikut bernyanyi, sembari menggerakkan anggota tubuhnya. 
Bayu Sugiri, salah satu instruktur reguler senam rampal pun tak mau kalah. Di atas panggung dia memimpin gerakan pemanasan dengan penuh tenaga. Menurut Bay panggilan akrabnya, pemanasan sangat penting dilakukan sebelum masuk gerakan inti senam.
”Pemanasan dilakukan untuk melenturkan otot. Ini wajib dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya kram saat senam dilakukan,’’ katanya. Dengan diiringi lagu yang hits, ditambahkan Bayu akan membuat senamers lebih bersemangat.
”Kalau lagunya slow, biasanya senamers tak semangat. Makanya dipilih lagu-lagu yang hits, sehingga senamers pun tak ragu bergoyang sesuai dengan yang diberikan instruktur,’’ tambahnya.
15 menit setelah gerakan pemanasan, Sugeng Bahenol instruktur senam lainnya langsung menggantikan posisi Bay. Di atas panggung, Sugeng memimpin gerakan senam low mix maupun hot mix.
Untuk gerakan low mix, Sugeng mengawali dengan irinya lagu Lagi Syantik. Selama memimpin senam, Sugeng juga tak lupa melakukan interaksi dengan para senamers. ”Mana suaranya,’’ teriak Sugeng, yang seketika dijawab riuh para senamers. 
Saat memimpin senam Sugeng yang membawa mix di panggung juga sesekali ikut menyanyikan syair lagu yang mengiringi senam. Hasilnya para senamers semakin bersemangat.
Bahkan, meski keringat telah bercucuran, tak membuat para senamers loyo. Mereka tetap antusias menggerakkan tubuh menirukan gerakan instruktur. Dian Puspita Sari salah satunya. Senamers asal Kecamatan Klojen ini terlihat sangat antusias. Mengikuti gerakan instruktur Dian terlihat percaya diri.
“Hampir setiap minggu saya datang untuk ikut senam,” katanya. Dian mengatakan, Senam Rampal tak sekadar olahraga. Tapi juga menjadi ajang untuk merekatkan tali silahturahmi.
Setelah satu jam senam, Sugeng pun memberikan waktu para senamers untuk berisitrahat. Waktu istirahat pun dimanfaatkan Bay untuk mengajak para senamers membaca berita Malang Post. ”Malang Post Korane Arek Malang. Beritanya keren-keren,’’ kata Bay. 
Dia juga mengajak senamers untuk selalu menjaga kondusifitas di Kota Malang dan Malang Raya. ”Kalau wilayahnya kondusif, maka banyak wisatawan yang datang. Dan pembangunan di Kota Malang pun semakin maju,’’ katanya.
Sementara koordinator Senam Rampal, Sudarno Seman kemarin juga tak kalah semangat. Dia mengajak para senamers lebih dulu merapikan barisan, sebelum senam dimulai. ”Hari ini temanya color full. Minggu depan dress codenya merah putih ya. Untuk memeriahkan kemerdekaan,’’ tandas Sudarno. (ira/aim)

Berita Lainnya :