Bawaslu-Malang Post Gelar Senam Awas


MALANG - Bawaslu Kota Malang punya cara menarik mencegah pelanggaran tahapan Pemilu 2019. Yakni menggelar Senam Awas dan Deklarasi Pemilu Damai yang didukung Malang Post, Minggu (23/9) di depan Graha Malang Post. Melalui cara ini, elit parpol, caleg, warga serta semua kalangan bergandengan tangan.
Mencegah pelanggaran merupakan upaya meminimalisir konflik. Sebab salah satu pemicu ketegangan panggung politik yakni adanya pelanggaran yang bisa memancing reaksi lawan politik.
Dalam senam bersama pagi ini, semua kalangan mencairkan hubungan dan saling mengingatkan agar menjaga situasi. “Ini merupakan upaya pencegahan dan edukasi terhadap masyarakat dan partai politik, agar menjaga iklim positif selama pelaksanaan Pemilu. Kami ingin melindungi iklim kondusif yang selama ini selalu terjaga di Kota Malang. Caranya, lewat Senam Awas,” jelas Ketua Bawaslu Kota Malang, Alim Mustofa kepada Malang Post kemarin.
Senam Awas dan Deklarasi Pemilu Damai tersebut, mengusung tagline, ‘Kalah Terhormat, Menang Bermartabat’. Menurut Alim, tag ini digunakan untuk memberi edukasi kepada seluruh peserta Pemilu. Sehingga  menjunjung sportivitas dalam berkompetisi.
“Seluruh peserta pemilu diharapkan sportif dalam berpolitik. Kalau kalah legowo, kalau menang pakai cara yang bersih. Pesan agar tak ada money politic, diusung dengan tagline tersebut. Kami harap bisa tersampaikan dengan baik,” sambung Alim.
Menurutnya, Senam Awas dan Deklarasi Pemilu Damai tersebut akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Peserta yang dijadwalkan hadir antara lain dari Bawaslu Kota Malang, Panwascam dari lima kecamatan, perwakilan seluruh partai, Forkopimda Kota Malang, hingga KPU Kota Malang.
Sementara itu, Manajer Markom Malang Post, Noer Adinda Zaeni mengatakan, acara Senam Awas di Graha Malang Post Jalan Raya Sawojajar cluster Apel, Kelurahan Sawojajar dikemas dengan berbagai acara.
“Kami menyediakan games seru berhadiah, lomba senam paling atraktif, bazaar kuliner dan lain-lain,” jelas Dinda, sapaan akrabnya. Teh Pucuk Harum, Le Minerale, serta Pemkot Malang melalui Kelurahan Sawojajar, mendukung penuh pelaksanaan Senam Awas beserta Deklarasi Damai Pemilu.(fin/van/ary)

Berita Terkait