Rampok Pemerkosa Terancam Pasal Ganda


MALANG – Pelaku pemerkosaan dan pencurian dengan kekerasan, Hasan Fauzi, 27, warga Genderan RT 17 RW 05 Sukodadi Wagir, terancam pasal ganda akibat perbuatannya. Kapolsek Sukun Kompol Anang Tri Hananta merinci, ada satu pasal yang sudah memenuhi unsur, yakni pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.
“Pasal 365 KUHP tentang curas memenuhi unsur. Karena, setelah memukul kepala korban dan menenggelamkannya ke sungai sampai pingsan. Pelaku mengambil dan menguasai cincin sebagai barang bukti kejahatan pencurian dengan kekerasan,” kata Anang saat dikonfirmasi Malang Post kemarin.
Fauzi terancam hukuman penjara maksimal 9 tahun penjara. Tak cukup sampai di situ, dia juga disubsider pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan. Jika dia terbukti melakukan pemerkosaan maka ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara. Menurut Anang, hasil pemeriksaan sementara, kelamin Fauzi tak sampai mempenetrasi kelamin korban SR. “Untuk pasal subsider percobaan pemerkosaan pasal 285 KUHP, belum masuk, dari kelamin pelaku ke kelamin korban,” tambah Anang.
Seperti diberitakan sebelumnya, korban SR berada di sebuah pinggir sungai Jalan Pisang Agung V Kelurahan Pisangcandi pada Minggu pagi. Korban SR sedang berada di pinggir sungai untuk mencuci baju sekitar pukul 05.30.
Tak lama, Fauzi datang dan memukul kepala belakang korban dengan kayu. Kepala korban ditenggelamkan ke sungai sampai pingsan. Pelaku lalu mengambil cincin dan memperkosanya. Namun, belum sempat kelaminnya masuk ke korban, aksinya terhenti. Korban siuman dan berteriak meminta tolong.
Begitu mendengar bahwa ada seorang pria memukul dan memperkosa seorang wanita, masyarakat mengamuk. Tanpa ampun, Fauzi digempur habis-habisan. Dia menjadi sansak hidup, dan bisa saja meregang nyawa. Untungnya, Polsek Sukun datang dengan sangat cepat, sehingga nyawa pelaku selamat.
Sementara itu, dari pantauan, pelaku sempat dirawat di RSSA Malang dalam penjagaan polisi. Setelah sembuh, dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum.(fin/lim)

Berita Terkait