Pencurian Emas Rp 25 Juta dan HP Terbongkar


PRIGEN – Aksi pencurian perhiasan emas senilai total Rp 25 juta, tahun 2017 lalu di Prigen, akhirnya terungkap. Senin (10/9), Buser Polsek Prigen telah berhasil menangkap satu pelakunya.
Pelakunya adalah Sahri, 50. Warga Dusun Tonggowo, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan itu awalnya ditangkap terkait kasus pencurian HP milik Heru, warga Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen. Pencurian HP itu dilakukannya pada 11 April 2018.
Sahri ditangkap saat asyik nonton ludruk. Petugas lantas memeriksa pelaku dan mengembangkan penyelidikan. Dari situ diketahui, ternyata Sahri juga pelaku pencurian perhiasan emas senilai total Rp 25 juta pada 21 September 2017. Korbannya M. Asyik, warga Dusun Talang, Desa Watuagung, Kecamatan Prigen.
“Dari hasil pengembangan penyidikan, akhirnya terungkap bahwa Sahri tak hanya pelaku curat HP. Tapi juga curat perhiasan dengan korban dan TKP lain,” beber Kanit Reskrim Polsek Prigen Bripka Slamet Prayitno.
Sahri mencuri emas tidak sendiri. Dia melakukannya bersama seorang rekannya. Namun, Sahri yang berperan sebagai eksekutor. Dia masuk ke rumah korban dan mengambil perhiasan emas di laci lemari yang ada di kamar.
Rekannya dengan inisial Nr, berperan menunggu di luar sekaligus mengawasi situasi di sekitar TKP. Nr tidak lain tetangga Sahri, sama-sama warga Dusun Tonggowa, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen. “Satu pelaku lainnya masih DPO, penangkapannya tetap terus kami upayakan. Informasinya kabur ke Kalimantan,” jelasnya.
Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. “Nanti pelaku ini dipenjara dua kali. Karena melakukan tindak kejahatan dua kali dengan TKP berbeda,” katanya. (zal/mie/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :