Gerak Cepat, Sehari Ditangkap


MALANG – Pelaku kejahatan tidak butuh waktu lama untuk melancarkan aksi kejahatannya. Lihat saja Muhamad Safi’i, 20, buruh tani asal Dusun Busu, Desa Slamparejo Kecamatan Jabung. Dalam waktu 10 menit, Safi’i berhasil menggondol motor Honda Vario warna merah tahun 2014 nopol N 4936 AAK. Dan polisi tak mau kalah cepat. Setelah mendapatkan laporan kehilangan, polisi pun berhasil menangkap pelaku.
Motor yang disikat pelaku ini milik Samsul Arifin, 35, warga Dusun Busu Slamparejo Jabung. Ceritanya, pada 13 Maret 2019 lalu, korban melintas di kawasan tersebut. Sekitar pukul 23.00, korban memarkir motornya diparkir di teras depan rumah. Korban mengunci stang motornya, lalu masuk rumah, selama kurang lebih 10 menit.
Setelah beraktivitas sejenak di dalam rumah, korban akan istirahat. Sehingga, dia berniat memasukkan motornya ke dalam rumah. Tapi, ketika ingin memasukkan motor ke dalam rumah, korban melihat kendaraan miliknya sudah raib. Korban sempat kebingungan. Karena, kendaraan itu hanya ditinggal 10 menit saja.
Dia berupaya mencari ke sekitar rumahnya, tapi tak menemukan sedikit pun bayangan kendaraannya. Karena itulah, dia melaporkan peristiwa ini ke Polsek Jabung. Polisi yang datang ke lokasi setelah menerima laporan, langsung melakukan olah TKP, identifikasi dan mencari keterangan saksi.
Usai mendapatkan petunjuk, polisi mencurigai sosok Safi’i. Pada hari Kamis 14 Maret 2019 sekira jam 09.00, Unit Reskrim Polsek Jabung  berhasil mengamankan barang bukti sepeda motor yang hilang tersebut di rumah nenek Safi’i. Dua setengah jam kemudian, Polsek Jabung menggerebek pelaku.
Dia ditangkap di Jalan Kawi Desa Jabung Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Pelaku tidak melakukan perlawanan saat ditangkap dan mengakui semua perbuatanya,” kata Kapolsek Jabung, AKP Samsul Arifin. Pelaku Safi’i diboyong ke markas Polsek Jabung. Sampai saat ini, dia masih dalam pemeriksaan petugas.
“Kami masih mendalami keterangan pelaku, tapi dia dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan,” tutupnya. Ancaman hukuman yang akan dihadapi oleh Safi’i, adalah maksimal 7 tahun penjara.(fin/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :