Terpukau Toyota Concept-i, Mobil yang Bisa Rasakan Suasana Hati Pengemudi



Malang-post.com - Booth Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD Tangerang, sejauh ini paling menarik perhatian. PT Toyota-Astra Motor (TAM) memboyong tiga Toyota Concept-i dari Jepang. Tiga kendaraan dengan artificial intelligent (AI) ini memiliki tiga bentuk, Concept-i berupa sedan, Concept-i Ride dan Concept-i Walk.
Tiga kendaraan masa depan itu berdiri dengan gagah di panggung utama booth Toyota di hall 10 B ICE BSD Tangerang. Pengunjung bisa masuk dari pintu hall 10 atau hall 5 untuk menuju ke panggung utama Toyota. Toyota Concept-i disebut sebagai future of mobility human, i Ride adalah universal small mobility vehicle dan i Walk walking area mobility vehicle.
Mari kita melihat dulu Toyota Concept-i. Dalam tubuhnya disematkan teknologi Artificial Intelligent (AI). Jadi, mobil ini bisa memahami suasana hati dan emosi pengemudi teknologi. AI membaca ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan tone suara. Toyota Concept-i bisa menentukan emosi pengemudi itu sedang senang, marah atau lelah.
Ia juga memiliki teknologi mengemudi otomatis, bisa dikemudikan semua orang. Karena memiliki sensor biometrik di seluruh mobil, Concept-i dapat mendeteksi apa yang pengemudi rasakan. Informasi itu kemudian dianalisis oleh AI mobil. Saat itulah fitur otomatis beroperasi. Ketika sedih, AI akan menganalisis emosi pengemudi, membuat rekomendasi dan jika perlu, mengambil alih dan mengantar pengemudi dengan aman ke tujuan. Keselamatan dan perlindungan adalah manfaat utama dari hubungan ini. Dengan mengenal pengemudi lebih baik, Concept-i dapat membantu melindungi lebih baik juga.
Teknologi kedua di Toyota Concept i adalah untuk membaca preferensi pengemudi. Ia memperkirakan kesukaan pengemudi melalui informasi yang diperoleh dari Facebook, Twitter, dan GPS. Ia yang juga terkoneksi dengan internet ini akan menawarkan sejumlah topik percakapan yang diperkirakan disukai pengemudi.
Di jajaran i-series juga ada Concept-i Ride, mobil ini memiliki dua kursi. Jika dilihat sepintas, lebih panjang beberapa inci dari mobil Smart Fortwo. Kekuatan dari mobil ini adalah mobilitas. Dengan kontrol joystick, mobil ini paling sempurna jika digunakan untuk penyandang disabilitas. Pengguna kursi roda.
Lalu ada Concept-i Walk. Ini adalah kendaraan skuter tiga roda seperti segway.  Ia dirancang mengakomodasi kebutuhan transportasi final destination setelah sebuah mobil diparkir. Berbeda dengan Segway, pengendara tidak perlu mengoperasikan Toyota Concept-i Walk dengan menggeser berat badan mereka. Floor untuk berdiri juga diturunkan, orang dapat dengan mudah naik dan turun tanpa dibatasi oleh usia, jenis kelamin, atau pakaian, seperti orang tua atau wanita yang mengenakan rok.
PT Toyota-Astra Motor (TAM)memboyong tiga Toyota Concept-i dari Jepang ke GIIAS 2018. Tiga mobil konsep itu baru kali pertama muncul di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Kali pertama muncul di Jepang, Beijing, Amerika dan GIIAS di Indonesia.  Ketiganya diperkenalkan di atas panggung oleh President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata pada Kamis (2/8).
Toyota Concept-i bertujuan untuk menjadi "beloved car" di era masa datang, sebagai era baru dunia mobilitas global. Kata kunci dalam pengembangan seri produk Concept-i adalah bagaimana menerapkan teknologi Artificial Inteligent (AI) untuk  mengenali emosi dan preferensi agar pengemudi mencapai tingkat keselamatan dan ketenangan yang optimal (protect) dan sekaligus mampu meningkatkan fun to drive bagi pengemudi (inspire).
Tiga mobil itu dipamerkan ke publik di GIIAS sekaligus untuk menandai pameran di booth Toyota.  Tiga konsep car itu mendukung tema Toyota "Empowering Mobility, Beyond Possibility” di GIIAS 2018. Di panggung utama Toyota, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto juga ikut naik mendampingi Yoshihiro Nakata.
“Melalui GIIAS kali ini, Toyota akan menyampaikan pesan mengenai banyak hal kepada masyarakat. Tak hanya tentang produk, tapi juga berbagai capaian dalam pengembangan teknologi otomotif, serta  kecenderungan-kecenderungan  ke depan (future technology) yang dibutuhkan masyarakat untuk masa depan yang lebih baik, sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond,” urai President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, saat meresmikan booth Toyota.
Sebelum pembukaan GIIAS 2018, Malang Post bersama sejumlah media yang diundang khusus oleh Auto2000 dan Toyota sudah mendapat bocoran soal tiga mobil ini. Sehari sebelum pembukaan, penjelasan soal mobil konsep ini disampaikan Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto dan Public Relation Manager PT TAM Rouli Sijabat.
 “Toyota gembira dan optimis, kebijakan yang tengah dirancang oleh pemerintah saat ini yaitu terkait pengembangan kendaraan elektrifikasi, akan memberi angin segar untuk lebih menggairahkan pelaku industri untuk mengembangkan pasar dan produk kendaraan ramah lingkungan di Indonesia,” tambah Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto

Berita Lainnya :