Wujudkan Mal UMKM Kota Malang


MALANG - Pembinaan UMKM hingga ke tingkat masyarakat paling kecil menjadi salah satu konsen Tim Penggerak PKK Kota Malang hingga lima tahun kedepan. Dengan kepengurusan yang baru, Tim Penggerak PKK Kota Malang akan menjadwalkan kegiatan pembinaan, penyuluhan hingga pemberdayaan UMKM ke segala bidang.
 Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji. usai pengukuhan keanggotaan TP PKK Kota Malang masa bhakti 2018-2023 di Hotel Gajahmada Kota Malang, Senin (8/10) kemarin.
“Meningkatkan sektor ekonomi akan menjadi fokus kami kedepan. Potensi pengembangan UMKM di Kota Malang sangatlah besar, jika didukung lebih akan menjadi penopang perekonomian dan kesejahteraan warga lebih banyak lagi,” kata Widayati kepada Malang Post.
Istri Wali Kota Malang Drs H Sutiaji ini menyampaikan, pengembangan UMKM akan dimulai dengan melakukan inventarisir dan pemetaan potensi UMKM di seluruh Kota Malang. Inilah hal-hal yang akan dilakukannya beserta anggota Tim Penggerak PKK yang baru saja dikukuhkan dalam waktu dekat.
Usai melakukan inventarisir dan pemetaan, Tim Penggerak PKK akan mulai bergerak ke seluruh pelosok Kota Malang, mulai dari tingkat RT, RW hingga tingkat kota untuk memberikan program-program yang sudah direcanakan.
“Pelatihan dan edukasi akan banyak dilakukan nanti. Tidak hanya yang kami canangkan tetapi kita juga akan gencar mengirim pelaku UMKM mengikuti program pelatihan di provinsi maupun tingkat nasional,” tegasnya.
Perempuan yang menyukai kain batik etnik ini menjelaskan, model pelatihan yang lebih spesifik juga sudah dicanangkan pihaknya. Yakni pelatihan membudidayakan tanaman anggrek. Hal ini didasarkan pada pandangan Tim Penggerak PKK pada identitas Kota Malang sendiri yang hendak dikembalikan. Malang sebagai Kota Bunga akan menjadi pemicu program tersebut. Widayati menegaskan akan menjalankan program budidaya anggrek.
“Pelatihan budidaya anggrek harus sampai ke RT  dan RW. Kalau bisa satu rumah punya satu tanaman anggrek. Ini sangat baik karena anggrek juga secara bisnis sedang berkembang,” tuturnya.
Wujud lain dukungan TP PKK Kota Malang, lanjutnya  adalah dengan terus mendorong terwujudnya Mall UMKM di Kota Malang; sehingga nantinya UMKM yang ada dapat mendisplay hasil karyanya .
Wali Kota Malang Drs H Sutiaji memberikan harapan besar pada TP PKK Kota Malang untuk menjadi mitra setia Pemkot Malang dalam isu strategis pemberdayaan masyarakat. Serta didalamnya selalu bersinergi pihak dan instansi lain secara mandiri untuk mewujudkan program-program yang ada.
"Saya berharap kepada anggota Tim Penggerak PKK yang baru, untuk lebih meningkatkan kemampuan serta segera menyusun program kerja yang inovatif serta menjalankan peran dan fungsinya seoptimal mungkin" ujar Sutiaji. (ica/aim)

Berita Terkait