Upgrade Kualitas UMKM, Geber Pelatihan Perpajakan


MALANG - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen meningkatkan kualitas UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia. Beragam program telah dipersiapkan untuk mendukung komitmen tersebut, salah satunya pelatihan tentang mengenai Perpajakan Pasca Tax Amnesty, sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017.
Program pelatihan ini digelar di berbagai daerah, termasuk di Kota Malang dengan menghadirkan Konsultan Pajak, Ekita Lokmansuy, Kamis (9/7) dan dibuka oleh Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Malang Amir Basri, Vice President CSR BCA Ira Bachtar dan Vice President DBKM BCA Ade Bachtiar.
Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Malang Amir Basri dalam pembukaan Kamis (9/7) mengatakan, pelatihan yang digelar bagi 100 pengusaha UMKM ini merupakan salah satu cara untuk memberdayakan masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri.
“Kali ini kami mewujudkannya dengan memberikan pelatihan dan sosialisasi bagi penggiat UMKM Malang. Data Dinas Koperasi dan UKM kota Malang menyebutkan jumlah UMKM sudah mencapai 70 ribu di seluruh kota dan kabupaten Malang. Karena itu, kami berharap melalui pelatihan hari ini para pengurus UMKM dapat semakin menambah wawasan dan nantinya dapat mengembangkan usahanya sesuai dengan informasi yang telah mereka terima hari ini,” ujar Amir Basri.
UMKM sendiri menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Bahkan telah terbukti memiliki daya tahan tinggi saat terjadi krisis moneter dan krisis global. Sekitar 88,8-99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM dan mampu menyerap tenaga kerja sekitar 51,7-97,2 persen. “Oleh karena itu, beragam program untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM perlu terus menerus digiatkan oleh seluruh pihak, termasuk BCA,” tambah Amir. (tea/nda)