UMKM Harus Naik Kelas


MALANG  - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus terus bertumbuh sehingga mampu menjadi penyangga perekonomian daerah. Semangat pengembangan UMKM harus menjadi perhatian bersama. Sehingga hal ini bisa terealisasi.
Wali Kota Malang H. Sutiaji mendorong kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang untuk terus memperhatikan dan mengembangkan potensi para pelaku usaha di dalamnya.
"Saya harap tahun 2019 UMKM di Kota Malang bisa naik kelas. Ssaha yang mikro bisa naik kelas jadi menengah dan seterusnya," kata Sutiaji dalam  "2nd International Resreach Conference on Economics and Bussines" yang digelar oleh Universitas Negeri Malang di Hotel Savana, Senin (22/10) kemarin.
Diterangkannya, selama ini UMKM teruji dan bisa bertahan melawan arus ekonomi global yang terus berkembang. Sehingga, keberadaannya, harus mendapat dukungan dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.
Beberapa problem UMKM, termasuk dalam bidang permodalan, harus ada solusi bersama antar lembaga. Sehingga para pelaku di dalamnya mampi mengakses modal dengan bunga yang rendah atau bahkan bisa tanpa bunga sekalipun (zero riba).
"Ini adalah tantangan bagi kita, bagaimana tahun 2018 ini menjadi starting point untuk memajukan UMKM kita," ungkapnya.
Ditambahkannya, koperasi sebagai lembaga keuangan diharapkan mampu bersinergi dengan baik dengan UMKM. Tujuannya, agar keduanya mampu menjadi penopang perekonomian khususnya di Kota Malang.
"Kedepan UMKM kita harus bisa masuk dalam sistem 4.0, karena itu butuh dorongan dan sentuhan kebijakan," pungkasnya. (aim)

Berita Terkait