Target 15 Persen UKM Tembus Pasar Global


 
MALANG - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang menargetkan UKM naik kelas di tahun 2018. Dari 31 ribu UKM, setidaknya 15 persen di antaranya menembus pasar global. Untuk memenuhi target tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan pembinaan kepada 31 ribu UKM di kota pendidikan ini. 
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani Pangestuti mengatakan untuk memenuhi target tersebut, pihaknya bekerjasama dengan lembaga penyedia jasa layanan kesejahteraan, Mercy Corps Indonesia melakukan pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku UKM. 
“Kami akan memberikan pelatihan dan pembinaan dalam bidang pengelola keuangan, produksi dan marketing,” kata Tri Widyani pada acara sosialisasi Program Strengthening and Improving The Vibrant Enterpreneurial Ecosystem (STRIVE) di Juliette Beach Resto, kemarin.
Selain itu, dalam pelatihan, Tri mengatakan peserta juga akan mendapatkan materi tentang cara membaca peluang bisnis serta mempertahankan eksistensi perusahaan. Ia membeberkan pada tahun 2018 nanti,  selain naik kelas, UKM juga harus go global. Yani, sapaan akrab Tri Widyani berharap Kota Malang bisa menjadi Bumi UKM.
“Mimpi saya sangat tinggi, nanti harapannya Kota Malang menjadi Kota UKM. Bumi UKM. Seluruh UKM di tiap daerah bisa merujuk kesini. Terlebih potensi pasar kita sangat potensial, sebab kita tergolong daerah wisata,” jelasnya.
Potensi besar UKM  di Kota Malang, sudah di survei  oleh Mercy Coorporation. Tim Mercy telah melakukan survei enam bulan lalu. City Coordinator Corps Coorporation, STRIVE Program, Wirya Wardaya mengatakan, potensi Kota Malang dalam bidang UKM sangat besar.
Dari 31 ribu UKM, seluruhnya berpeluang untuk mengembangkan usaha dengan tiga kapasitas yang harus dikembangkan. Yakni manajemen mengelola usaha atau produksi, manajemen keuangan, dan marketing.
“Kami akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada mereka untuk menjadi pengelola usaha yang handal. Pelatihan ini dimulai sejak Oktober hingga Juni 2018. Secara teknis nanti, kami juga berharap bisa memberikan tambahan pemasukan bagi mereka,” kata dia. (sin/van)

Berita Terkait