PNM Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM


MALANG – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Malang mengadakan pelatihan bertajuk pengembangan kapasitas usaha  Cara Mudah Membuat Iklan Bisnis Dengan Android. Tujuannya guna memperluas jaringan usaha bagi nasabah ULaMM dan Mekaar.
Pelatihan yang digelar di Hotel Mirabell and Convention Hall, Kepanjen, 15 September 2018 ini, diikuti 75 Peserta Nasabah ULaMM dan Mekaar di Wilayah Malang Raya. Hadir pula dalam acara ini Nanang Winarno SE MM, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Kabupaten Malang.
‘’Pada era saat ini, para pelaku UKM tidak dapat dipisahkan dari dunia ekonomi. Berkaitan dengan dunia UKM dan bisnis, marketing menjadi ujung tombak bagi keberlangsungan usaha,’’ kata Anang Fatkur Rochman, Kacab PNM Malang.
UKM, lanjut dia, membutuhkan sarana untuk memasarkan produk-produknya. Makanya, PNM menggelar kegiatan dengan tema Cara Mudah Membuat Iklan Bisnis Dengan Android guna memperluas jaringan usaha bagi nasabah ULaMM dan Mekaar.
‘’Dengan melihat penetrasi internet yang lebih dari 100 juta dan pengguna smartphone juga telah menembus angka 90 juta pemakai, tentu promosi yang memanfaatkan internet makin menjadi pilihan,’’ ungkapnya.
Di sisi lain, tujuan diadakannya pelatihan ini untuk mendukung pengembangan kemampuan peserta. Khususnya dalam melakukan pemasaran produk secara online. Dan juga mendukung terbentuknya UKM yang professional, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam dunia usaha.
Karena itu, dihadirkanlah Budiyoso Santoso. Yaitu Trainer Marketing Online hipnosis, copywriting dan videography. Selain itu juga menjabat sebagai pendamping KUMKM PLUT Kota BATU, Jawa Timur.
PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha. Namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen. PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).
PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).
Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.
Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro. Saat ini PNM memiliki 2449 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.754 kantor cabang Mekaar. (angga/sir)

Berita Terkait