Menjanjikan, UMKM Tumbuh Pesat


KEPANJEN – Jumlah UMKM Kabupaten Malang saat ini mengalami peningkatan drastis. Bila tahun 2016 terdapat 374.606 usaha, hingga awal bulan November 2017 lalu bertambah menjadi 416.000 usaha. Artinya, sektor UMKM masih menjadi primadona dalam menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang.
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang Made Dewi Anggraeni mengatakan, periode November 2017 hingga awal bulan Januari 2018 jumlah UMKM sudah tambah menjadi 420.000 usaha. Sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar Rp 85 T, hampir setengahnya yakni Rp 42 T disumbang dari UMKM.
“Keberadaan UMKM sangat besar pengaruhnya bagi roda kehidupan perekonomian masyarakat terutama di tingkat desa. Kami terus memacu, mendorong dan memfasilitasi penggiat UMKM agar terus menghasilkan berbagai produk berkualitas,” ujarnya. Dia mengatakan, keberadaan UMKM tidak bisa dipandang sebelah mata.
Seiring bertambahnya waktu, sambungnya, jumlah UMKM di wilayah ini semakin meningkat. Seperti beberapa waktu lalu, juga digelar Gebyar UKM Bazar dan Expo UKM se-Malang Raya di Bululawang. Di tempat tersebut, banyak UMKM baru yang kreatif dan unik bermunculan. Produk yang dijual, juga memiliki nilai jual tinggi.
“Mulai dari produk UMKM makanan serta minuman olahan, hingga berbagai karya yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif terus berkembang,” terangnya. Maka dari itu, dia terus berupaya memfasilitasi kerajinan tangan atau home industri supaya berkembang menjadi lebih baik lagi. Mengingat potensi produk di Kabupaten Malang melimpah.
“Apabila sektor UMKM semakin dimaksimalkan, maka laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Malang semakin cepat. Pendapatan masyarakat melalui sektor tersebut semakin meningkat,” paparnya. Dia mengatakan, sektor UMKM juga banyak menyerap tenaga kerja. Meski ada pula yang pelakunya bekerja membuat produknya sendiri.
Terlebih kata dia, manfaat lain ketika terjun mengembangkan UMKM, memiliki risiko yang sangat minim. “Ke depan kami terus memberdayakan UMKM dengan berupaya mencoba menciptakan suatu inovasi maupun terobosan yang saat ini sedang kami matangkan,” pungkasnya. (big/lim)

Berita Lainnya :