Hotel Wajib Gandeng Kemitraan dengan UMKM


MALANG – Kalangan perhotelan di Kota Malang akan melakukan kemitraan dengan UMKM bidang pariwisata dan budaya. Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomr 25 tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel.
Dalam aturan itu, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh pihak hotel. Hotel bintang 1 dan 2, harus menjalin kemitraan dengan minimal dua UMKM. Hotel bintang 3, bintang 4 dan bintang 5 harus menjalin kemitraan dengan minimal tiga UMKM. Sedangkan, hotel non bintang menjalin kemitraan dengan miinimal satu UMKM.
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang, Dwi Cahyono mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengumpulkan pelaku UMKM dan pengeloa hotel guna merealisasikan aturan tersebut.
"Saya akan mengumpulkan pihak hotel untuk memberikan sosialisasi, sekaligus dengan pelaku UMKM juga," terang dia kepada Malang Post, kemarin.
Dwi mengungkapkan, di Kota Malang sudah ada beberapa hotel yang sudah menjalin kemitraan dengan UMKM. "Tetapi dengan adanya peraturan baru ini akan kita tata lagi. Untuk hotel-hotel yang besar di Kota Malang rata-rata sudah memajang produk UMKM di lobinya. Produk yang dipasarkan itu rata-rata kerajinan tangan atau suvenir khas Malang," kata dia.
Meskipun sudah ada beberapa hotel yang telah bekerjasama dengan UMKM, namun realisasinya masih belum optimal. Setiap hotel memiliki segmen yang berbeda-beda, sehingga produk UMKM yang dijual di hotel tentunya harus sesuai dengan segmentasi hotel. "Dalam pertemuan ini saya ingin memfasilitasi UMKM dan pihak hotel untuk mencocokkan kebutuhan produk sesuai dengam segmen hotel. Karena kalau sekadar kerjasama itu mudah, realisasi pemasarannya yang harus ditekankan," tegas pria yang juga pemilik Yayasan Inggil ini.
Dwi menambahkan, dengan adanya Pergub ini diharapkan hotel bisa berkontribusi untuk menggairahkan sektor UMKM khususnya di Malang. "Saya mendukung langkah ini, karena selain sebagai ketua PHRI saya juga ikut mengelola UMKM. Memang saya berharap di semua hotel menyediakan ruang bagi UMKM untuk memasarkan produknya," pungkas dia. (tea/aim)

Berita Terkait