Ekonomi Digital Majukan Industri UMKM

 
MALANG – Peringatan Hari Jadi ke-73  Provinsi Jawa Timur 2018 ini, menjadi momentum kebangkitan e-commerce (perdagangan elektronik) dan ekonomi digital Jawa Timur. Sehinga UMKM dan industri di Jawa Timur, khusunya di Kota Malang mampu bersaing dan mandiri dalam membangun ekonomi di tengah kondisi global yang sangat dinamis.
Hal itu sesuai dengan tema Hari Jadi Provinsi Jatim, ”Makmurkan Jawa Timur Melalui Industri UMKM Berbasis Digital”. 
Ini merupakan tekad dan semangat Provinsi Jawa Timur membangun ekonomi berbasis digital, agar mampu tumbuh inklusif dan berkelanjutan dengan fokus pada segmen industri UMKM. Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat di sektor e-commerce (perdagangan elektronik) dan ekonomi digital untuk itu pemerintah telah meluncurkan program ‘making indonesia 4.0’, sebagai tanggapan atas fenomena global tentang revolusi industri 4.0. 
“Adanya revolusi industri 4.0 mendorong harapan untuk mewujudkan Jawa Timur sebagai salah satu provinsi industri yang tangguh di Indonesia,” kata Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang bertindak sebagai inspektur upacara Hari Jadi Provinsi Jatim di halaman Balai Kota Malang, Jumat (12/10) .
Menurutnya, semangat dan tekad sehubungan dengan tema hari jadi sangat relevan dengan persoalan dan tantangan Jawa Timur kedepan yang tidak ringan, yaitu bonus demografi yang sudah akan terjadi di Jawa Timur pada tahun 2019 dengan jumlah usia produktif mencapai 69,9 persen, sedangkan nasional baru terjadi pada 2028.
Wakil Wali Kota Malang itu berharap, ditengah membangun ekonomi melalui peningkatan kualitas SDM untuk mampu tumbuh berkelanjutan, faktor penting yang tidak boleh dihapus adalah faktor non ekonomi, yaitu aman dan nyaman.
“Dibutuhkan prasyarat situasi dan kondisi yang kondusif untuk setiap pelaku ekonomi di Jawa Timur ini,” terangnya. (aim)

Berita Terkait