Disperin Fasilitasi Kemitraan IKM dan PHRI


MALANG - Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Malang kembali melakukan pendampingan dan sosialisasi untuk pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM). Selasa (23/7), mereka mulai menjalin kemitraan dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang untuk ikut mengembangkan IKM  Kota Malang.
Sebanyak 40 pelaku IKM dari sektor makanan dan minuman berkumpul di The Shalimar Boutique Hotel. Mereka memajang produknya sebagai bentuk perkenalan kepada hotelier dan juga masyarakat umum. Kasi Makanan Minuman (Mamin) Disperin Kota Malang, Suswati mengungkapkan, beberapa produk IKM bisa dititipkan di hotel.
"Ketika ada tamu hotel yang datang dari luar kota dan membutuhkan oleh-oleh dari sektor Mamin, sudah siap untuk memenuhi kebutuhan itu," kata Suswati.
Lebih lanjut, Suswati menguraikan, selain dari sektor Mamin, produk IKM lainnya juga akan ikut masuk, mulai dari kriya hingga kesenian. "Nantinya, para hotelier yang membutuhkan oleh-oleh atau hiburan bisa langsung menghubungi pelaku IKM. Kami, dari IKM siap mempersiapkan produk," ungkapnya.
Dengan adanya kemitraan tersebut, lanjut dia, juga untuk memperkenalkan produk-produk IKM dari Kota Malang. "Sehingga, IKM bisa maju dan berkembang. Sehingga dapat membangkitkan perekonomian, baik untuk pelaku usahanya sendiri maupun Kota Malang," jelasnya.
Sementara itu, Ketua PHRI Kota Malang, Dwi Cahyono menambahkan, nantinya acara yang bertajuk table top tersebut akan diadakan rutin setiap bulan. "Bulan ini, kami memgundang IKM Mamin dulu. Bulan depan dari sektor lain," terang dia.
Dwi menambahkan, pihaknya akan membangun jaringan dengan stakeholder pariwisata untuk memanjakan semua wisatawan, utamanya yang datang menginap. Hal tersebut merupakan kesempatan bagi para hotelier maupun IKM untuk menambah pendapatannya. "Biasanya, hotel-hotel butuh referensi oleh-oleh dan hiburan berupa kesenian kan agak kesulitan. Dengan adanya kegiatan ini, bisa mempermudah komunikasi antara pelaku IKM dan juga hotel," pungkas dia.(tea/adv/aim)

Berita Terkait