Bantuan Modal Tanpa Bunga, Pemkot Gandeng Baznas


MALANG – Usai dilantik sebagai Wali Kota Malang, Sutiaji langsung menyiapkan berbagai program untuk memenuhi janji-janji kampanyenya. Salah satunya penyediaan bantuan modal bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan kredit 0 persen atau tanpa riba.
Hal inilah yang dicita-citakan Sutiaji terwujud dalam masa kepemimpinannya saat ini untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya UMKM di Kota Malang. Sehingga dapat terbuka lapangan pekerjaan yang luas untuk maswyarakat.
“Kami akan usahakan tahun ini dapat dibicarakan skemanya,” kata Sutiaji kepada Malang Post, kemarin.
Sutiaji menjelaskan, skema yang akan digunakan melalui kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang. Baznas sudah memiliki kurang lebih 2.000 usaha mikro kecil menengah binaan di Kota Malang.
Menurutnya, program yang sudah berjalan tersebut dapat dibarukan dengan program pemerintah yang juga hendak meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku usaha kecil di Kota Malang. Meski begitu Sutiaji masih akan membahasnya lebih lanjut.
“Bunga di Baznas untuk UMKM ada sekitar Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar. Kedepan rencana skemanya akan memakai Baznas,” tutur Sutiaji.
Ia menegaskan kembali akan segera membicarakan hal ini baik dengan Baznas maupun OPD Pemkot terkait. Konsen bantuan modal pada UMKM menjadi salah satu prioritas Kota Malang lima tahun kedepan.
Pasalnya menurut Sutiaji, Kota Malang merupakan ladang ide kreatif dalam berusaha warganya. Dengan banyaknya kesempatan dan ide kreatif haruslah didukung dengan bantuan dari pemda setempat.
“Tentu akan kita dorong bagaimanapun caranya. Agar UMKM kita berkembang. Nanti rencana juga bisa dibuatkan rumah kreatif sedang dicanangkan juga,” tandasnya.
Rumah kreatif sendiri akan menjadi wadah bagi pelaku usaha yang sedang berkembang untuk lebih mengembangkan usahanya. Mulai dari tukar ilmu hingga menjadi ajang “pameran” produk usaha disana dapat dilakukan. (ica/aim)

Berita Terkait