Timnas U-18 Lolos ke Semifinal


HO CHI MINH - Timnas Indonesia U-18 memastikan lolos ke semifinal usai menang 2-1 atas Laos pada laga keempat Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Thong Nhat, Vietnam, Senin (12/8) sore. Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-18 mengoleksi 12 poin dan mantap di puncak klasemen sementara Grup A. Jumlah poin itu tidak lagi bisa dikejar oleh Laos maupun Timor Leste yang baru mengoleksi enam poin dengan satu laga tersisa.
Di babak pertama, Timnas Indonesia U-18 mendapatkan tekanan dari Laos. Permainan agresif anak asuh V. Sundramoorthy berhasil meredam permainan cepat yang biasanya diperagakan Timnas Indonesia U-18.
Timnas Indonesia U-18 baru mendapatkan peluang di pertengahan babak pertama melalui Bagus Kahfi tetapi belum membahayakan gawang lawan. Tim Garuda Nusantara juga dua kali melakukan pergantian pemain karena Supriadi mengalami cedera dan Beckham Putra Nugraha masuk menggantikan Braif Fatari yang performanya tak maksimal.
Di babak kedua, Timnas Indonesia U-18 sudah mendapatkan peluang emas saat laga baru berjalan beberapa detik. Bagus Kahfi lolos dari kawalan pemain lawan namun tembakan pemain Barito Putera itu melayang tipis di atas mistar gawang Laos.
Pada menit ke-52, Laos hampir saja unggul di laga ini andai tendangan keras Chony Wenpaserth dari dalam kotak penalti setelah mengelabui Bagas Kaffa tidak digagalkan Ernando Ari. Satu menit berselang, Timnas Indonesia U-18 mendapatkan peluang terbaiknya di laga ini. Bagus lolos dari jebakan offside tetapi tendangannya masih terlalu lemah sehingga bisa dihalau pemain belakang Laos.
Tak berselang lama, giliran Fajar Fathu Rachman yang mengancam tetapi tendangannya masih bisa ditepis Thilavong. Timnas Indonesia U-18 yang mendominasi jalannya babak kedua justru dikejutkan oleh gol Laos pada menit ke-69. Pergerakan individu Alounnay Lounlasy diakhiri tendangan keras yang menggetarkan gawang Ernando Ari.
Namun keunggulan Laos hanya bertahan tiga menit karena Timnas Indonesia U-18 bisa membuat skor jadi 1-1. Tendangan kaki kiri Bagus setelah bekerja sama dengan Sutan Zico berhasil memperdaya Thilavong.
Duel kedua tim berjalan keras setelah skor imbang. Bahkan beberapa kali pemain Laos menghentikan pergerakan pemain Timnas Indonesia U-18 dengan kasar yang sempat membuat tensi pertandingan memanas.
Di masa injury time, Timnas Indonesia U-18 akhirnya bisa unggul 2-1 atas Laos. Umpan Bagas Kaffa ke dalam kotak penalti salah diantisipasi Khamsanga Phimmasone yang malah masuk ke gawang sendiri. Skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-18 atas Laos bertahan hingga babak kedua usai. (jal/jun)

Berita Terkait