Persebaya Lawan Persib Resmi Ditunda


SURABAYA - Laga pekan ke-9 Liga 1 2018 antara Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung resmi ditunda. Sedianya pertandingan itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (19/5/2018) pukul 20.30 WIB.
"Dengan melihat kondisi terakhir keamanan Kota Surabaya seperti ini, pihak kepolisian sudah memutuskan tidak mengeluarkan izin keamanan untuk menggelar laga melawan Persib akhir pekan nanti," ujar ketua panitia pelaksana pertandingan Persebaya, Whisnu Sakti Buana.
    Respons yang didapat pun positif. Sebab, dalam suratnya, Liga Indonesia Baru (LIB) beralasan insiden teror bom ini masuk dalam kategori force majeure, sehingga penundaan pertandingan wajib dilakukan. Hal itu tertulis dalam surat pemberitahuan resmi ke klub yang bernomor 177/LIB/2018.
Seperti diketahui, pada Sabtu (13/5) dan Minggu (14/5) telah terjadi tragedi ledakan bom yang mengguncang Surabaya, Jawa Timur. Seperti yang diulas beberapa media massa, rangkaian bom tersebut menyebabkan 17 orang meninggal dunia dan 45 orang luka parah.
 “Sebelumnya sudah ada surat dari Persebaya tentang rencana penundaan pertandingan tersebut. Setelah mempertimbangkan banyak hal, kami harus melakukan itu. Bagaimana pun pertimbangan aspek keamanan dan kelancaran jalannya kompetisi harus kami prioritaskan,” ungkap Risha Adi Widjaya, CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB).
Untuk penentuan tanggal pertandingan berikutnya, hingga Selasa sore (15/5) belum diputuskan. Namun akan diumumkan dalam waktu dekat. “Selambat-lambatnya pada 24 Mei akan kami informasikan,” terang Risha.
Pelatih kepala Persib, Mario Gomez pun memaklumi penundaan tersebut. "Tentu kita semua ingin bermain dalam suasana aman dan nyaman. Jadi saya sangat mengerti karena ini keadaan darurat," kata Mario Gomez, yang turut bersimpati atas serangkaian teror yang terjadi di Surabaya.
Untuk mengganti jadwal pertandingan yang ditunda, kemungkinan besar Persib menggelar uji coba. Tapi rencana itu masih dimatangkan tim pelatih. Pastinya para pemain tetap butuh atmosfer pertandingan untuk menjaga sentuhan terhadap bola. "Sudah ada pemikiran mengenai rencana setelah pertandingan ditunda," ucap Mario Gomez. (lig/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :