Walpri Bukan Pendukung Kampanye

 
MALANG - Tiga pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Malang mendapatkan pengawalan pribadi (walpri) dari Polres Malang Kota. Masing-masing calon mendapat empat walpri, yang bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan. 
“Total ada 24 anggota Polres Malang Kota yang mendapatkan tugas melakukan pengawalan pribadi kepada pasangan calon. Mereka telah dibekali beragam ilmu terkait pengawalan, dan juga telah dibekali uang saku,” kata Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri. 
Asfuri berpesan kepada para calon untuk memanfaatkan petugas yang melaksanakan walpri ini sebaik-baiknya.
“Tapi perlu diingat, walpri bukan pendukung kampanye. Keberadaannya untuk mengawal dan mengamankan,” tambahnya. Dia juga tak segan meminta pasangan calon untuk mengadukan walpri jika mereka ada yang membelot.
“Begitu ada pengaduan, kami langsung mengganti,” tambahnya.
Dijelaskan oleh Asfuri, sejatinya ada 48 anggota yang disiapkan untuk pengawalan pribadi. Namun karena ketentuan bahwa satu calon hanya dikawal 4 anggota, dan total 24 maka sisanya bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan di KPU dan Panwas.
Terkait dengan pelaksanaan kampanye, Asfuri meminta para pasangan calon untuk mengikuti sesuai aturan. Tidak menggunakan agama dalam isu kampanye, juga SARA.
“Jangan menggunakan masjid atau tempat ibadah sebagai tempat berkampanye,” tandasnya.
Sementara itu Bripka Marwinda SH mengaku siap melaksanakan tugas walpri. Dia yang melakukan pengawalan terhadap calon wali kota Dr Yaqud Ananda Gudban akan all out melaksanakan tugasnya.
“Mulai hari ini tugas pengawalan dan pemananan diberikan. Kami akan melakukan pengawalan disetiap kegiatan calon,” katanya.
Senada Brigadir Arif Fauzi yang melakukan pengawalan terhadap H Moch Anton, akan melakukan pengawalan sesuai dengan aturan yang berlaku.  Sedangkan Bripka Rudi Santoso, yang bertugas mengawal Sutiaji juga mengatakan senada. Pihaknya akan all out dalam melaksanakan tugas.
“Hari ini pengawalan pribadi mulai berlaku, sampai nanti pelantikan,” tandasnya.(ira/van)

Berita Lainnya :