PDIP, PAN Siapkan PAW Anggota Dewan Bermasalah



MALANG - Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Dr Ahmad Basarah memastikan DPP PDIP sedang memproses pergantian antar waktu (PAW) empat anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Malang yang sedang ditahan KPK.
Calon anggota dewan yang diusulkan dalam PAW yakni, Bambang Heri Susanto bakal menggantikan Drs Abd Hakim dan Heri Susanto calon pengganti Tri Yudiani, kedunya dari Dapil Blimbing. M Arief Wicaksono diusulkan diganti Retno Mastuti dari Dapil Lowokwaru, sedangkan Suprapto bakal diganti Luluk Hariyani dari Dapil Kedungkandang.  
“Karena tidak efektif lagi. Supaya agenda-agenda fraksi bisa berjalan dengan baik,” kata Basarah kepada Malang Post.
Proses PAW lanjut dia, bisa saja dilakukan tanpa menunggu keputusan hukum yang mengikat. “Karena ini kewenangan DPP, jadi bisa saja dilakukan PAW,” sambung Basarah yang juga wakil ketua MPR RI ini.
Ketua PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika SE menambahkan, proses PAW sudah diawali dengan rapat pleno pada Senin (6/8) lalu. Hasil pleno DPC PDI Perjuangan Kota Malang tentang PAW sudah disampaikan kepada DPP di Jakarta.
”Menurut alurnya, setelah DPP PDI Perjuangan turunkan rekomendasi tentang PAW maka DPC PDI Perjuangan Kota Malang akan buat pengantar rekomendasi yang dikirim ke Sekretariat Dewan,” jelasnya.
 Usulan PAW berdasarkan perolehan suara tertinggi atau terbanyak peringkat kedua dibawah anggota dewan yang akan di PAW di daerah pemilihannya masing-masing.
Sementara itu DPD PAN Kota Malang pun juga mengaku telah mengantongi nama-nama pengganti kader mereka di DPRD Kota Malang. Seperti yang diketahui Fraksi PAN Kota Malang “kehilangan” dua kadernya karena saat ini sudah menyandang status tersangka setelah ditahan KPK belum lama ini.
Mereka adalah Syaiful Rusdi dan Mohan Katelu. Sekretaris DPD PAN Kota Malang Dito Arif mengaku sudah mengurus PAW dari kedua kader mereka tersebut.
“Untuk PAW Syaiful Rusdi sudah ada di Gubernur Jatim. Untuk PAW Pak Mohan masih kami proses di DPP PAN,” jelas Dito.
Sementara itu ia menegaskan pula jika pengganti dua kader PAN ini sudah muncul namanya. Ia menerangkan kader yang akan menggantikan Syaiful adalah Bendahara PAN Kota Malang yakni Ferry Adha.
Kemudian, ia melanjutkan yang akan menggantikan posisi Mohan Katelu adalah Ketua MPP PAN Kota Malang H Lookh Makhfudz. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :