Lengkapi Berkas, Bacaleg Dideadline 31 Juli


MALANG - Berkas-berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) sudah mulai dikembalikan KPU Kota Malang kepada masing-masing partai politik. Berkas persyaratan pencalonan yang belum lengkap sudah harus diperbaiki dalam masa perbaikan hingga 31 Juli mendatang.
Komisioner KPU Kota Malang Deny Bachtiar menerangkan, sebagian besar parpol yang mendaftar masih ada persyaratan bacaleg yang kurang dan harus dilengkapi kembali dalam masa perbaikan. 
"Masa perbaikan sampai 31 Juli mendatang. Dokumen kembali dilakukan pencermatan sebelum penetapan DCS (daftar caleg sementara),” kata  Deny Bachtiar kepada Malang Post.
Ia melanjutkan, hasil pencermatan KPU Kota Malang banyak menemukan ketidaklengkapan dokumen bacaleg sesuai Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota legislatif.
syarat-syarat kurang yang ditemukan diantaranya seperti pelampiran syarat kelulusan sarjana, SMA, tetapi tidak dilampirkan ijazahnya. Keterangan administrasi lain seperti SKCK, lalu keterangan sehat jasmani di antaranya bebas narkoba dan rohani yang dikeluarkan lembaga berkompeten.
“KPU Kota Malang berharap parpol segera melakukan perbaikan dan mengembalikan dokumen sesuai tahapan yang ditentukan,” tandasnya. 
Pengumuman daftar caleg tetap (DCT) akan dilakukan pada 21 sampai 23 September 2018 mendatang. Menambahkan, Ketua KPU Kota Malang Zaenuddin ST MAP menegaskan, ada sebanyak 581 bacaleg yang didaftarkan oleh 14 parpol. 
Proses sekarang berjalan adalah pemberian hasil pencermatan atau verifikasi KPU terhadap semua dokumen kepada parpol yang mendaftarkan bacaleg-nya.
"Ini bukan pengembalian, tetapi memberikan hasil verifikasi kami kepada parpol masing-masing, yang sudah mendaftarkan bacalegnya," tegas Zainudin terpisah. (ica/aim)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :