Hari Ini, Jabung Coblos DPR-RI


MALANG – KPU Kabupaten Malang, bakal menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di TPS 26, Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Sabtu (27/4) hari ini. PSL dihelat sebagai bentuk perwujudan rekomendasi Bawaslu Kabupaten Malang yang menemukan adanya 60 orang warga Kesenggreng tidak bisa mencoblos caleg DPR-RI pada 17 April lalu.
Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva mengungkapkan, alasan PSL dihelat sudah disampaikan ke Bawaslu-RI. Setelah mendapatkan lampu hijau, PSL langsung direncanakan dan digelar.
“Ini bukan Pemungutan Suara Ulang ya, tapi Pemungutan Suara Lanjutan,” kata George kepada Malang Post, Jumat kemarin.
Sebelum PSL dihelat, temuan yang menjadi dasar pencoblosan lanjutan ini, diungkapkan oleh Panwascam Jabung. Ketua Panwascam Jabung Joko Soesanto merekomendasikan dua hal setelah mendapati temuan adanya 60 warga yang tidak bisa nyoblos Caleg DPR-RI. Rekomendasi pertama, adalah melakukan PSL di TPS 26 untuk 60 pemilih.
Mereka, sudah hadir di coblosan sebelumnya, sudah mengisi C7 dan menyerahkan lembaran tersebut kepada KPPS pada 17 April 2019. Kedua, dia merekomendasikan perbaikan seperlunya terhadap hasil pemungutan suara di TPS 26 Kemantren Jabung. Menurut George, Bawaslu menemukan ada pemilih sebanyak 60 orang, hanya mendapatkan 4 lembar surat suara.
“Karena itu, besok (hari ini) jam 07.00 sampai dengan jam 13.00 WIB bertempat di TPS 26 Kemantren. Jadi, PSL hanya untuk kertas suara DPR-RI ,” jelas George.
Bawaslu sudah mendapatkan list nama pemilih yang akan diundang lagi oleh PPS untuk menggunakan hak pilihnya di TPS 26 Kemantren Sabtu hari ini.
Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua pihak terkait PSL ini.
“Kami sudah koordinasi dengan Bawaslu, PPK dan Panwascam Jabung, PPS dan PPL Kemantren serta KPPS di TPS 26 Kemantren, bersama jajaran Muspika Jabung, Kamis malam,” ujar Santoko dikonfirmasi Malang Post.
Menurut Santoko, semua pihak yang akan terlibat dalam PSL sudah sepakat untuk melaksanakan kegiatan hari ini. KPU juga sudah menggelar bimbingan teknis secara khusus untuk KPPS yang menjadi pemimpin dalam pemungutan suara lanjutan. Dari segi logistik, KPU Kabupaten Malang telah mendistribusikannya Jumat pagi kemarin.
“Tindaklanjut setelah rapat dengan seluruh elemen sudah dimulai. KPPS langsung kami Bimtek. Seluruh logistik juga sudah kami kirimkan Jumat pagi. Prinsipnya, PSL ini sudah siap dilaksanakan,” terangnya. Logistik yang dikirimkan ke TPS 26 Kemantren Jabung, adalah 60 lembar surat suara DPR-RI, serta C1.
“Sedangkan, logistik lain tetap memakai milik TPS 26 Kemantren yang sebelumnya dipakai di Pemilu 17 April 2019. Sebab, ini PSL, tentu logistiknya masih ada,” tutup Santoko.(fin/ary)

Berita Terkait

Berita Lainnya :