Coblosan Lanjutan, 10 Menit Penghitungan Beres


MALANG - Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di TPS 26 Balai Desa Kemantren Kecamatan Jabung, Sabtu (27/4) bikin rekor. Yakni tercatat sebagai penghitungan suara tercepat di Pemilu 2019. Prosesnya hanya membutuhkan waktu 10 menit lantaran hanya mencoblos DPR RI.
Kecepatan penghitungan suara ini karena jumlah pemilih yang tak banyak. Pemilih yang datang ke TPS dan mencoblos hanya berjumlah 44 orang, dari total 60 orang yang terdaftar sebagai pemilih tetap. Selain itu, mereka juga tidak dibingungkan dengan surat suara. Pasalnya, hanya ada satu suara suara yang dicoblos. Yakni surat suara DPR RI.
Selama coblosan berlangsung dari pukul 07.00-13.00 WIB, panitia PSL beristirahat setengah jam dilanjut penghitungan. Pukul 13.30 WIB, penghitungan dilakukan. Pukul 13.40 WIB sudah dinyatakan selesai. Para saksi dari PKB, PPP, PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan Nasdem pun tandatangan berkas hasil coblosan.
“Proses penghitungan dan tanda tangan saksi parpol, anggota KPPS 7 orang, selesai pada pukul 13.40 WIB,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva kepada Malang Post.
Dari total 60 pemilih, hanya 44 orang yang menggunakan hak pilihnya. Dua suara tidak sah.
Dari total 44 pencoblos, ada 26 laki-laki dan 18 perempuan. KPU Kabupaten Malang sendiri menyetorkan 61 lembar surat suara untuk coblosan PSL ini.
Menurut George, proses PSL tidak hanya disaksikan KPU Kabupaten Malang, Bawaslu, Koramil, Polsek dan saksi dari partai saja. “Koordiv Sengketa Bawaslu Jatim Totok Haryanto, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang Mohammad Wahyudi, Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, hadir untuk mengawal proses pemilihan ini,” sambung George.
Sementara itu, KPU menyebut PSL di TPS 26 Balai Desa Kemantren Kecamatan Jabung merupakan satu-satunya di Kabupaten Malang saat Pemilu 2019.
Santoko menambahkan, surat suara hasil coblosan DPR RI di TPS tersebut  akan langsung dikirim ke PPK Kecamatan Jabung. Ia memastikan, proses PSL ini tidak akan mengganggu proses rekapitulasi hasil Pemilu secara umum. Sebab sampai saat ini penghitungan surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten masih berlangsung di kecamatan-kecamatan.
Hasil Pemilu di TPS 26 , 18 orang memilih DPR RI asal  PKB. Sedangkan 17 di antaranya mencoblos caleg nomor 5 Ali Ahmad. Gerindra memperoleh enam suara, PDI Perjuangan mendapat dua suara, satu suara mencoblos partai, satu suara mencoblos Krisdayanti. Sedangkan Golkar memperoleh dua suara.
Nasdem meraih tujuh suara, PSI peroleh satu suara. Sementara itu, Partai Demokrat mendapat enam suara. (fin/van) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :