Bawaslu Kawal Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi


KEPANJEN - Bawaslu Kabupaten Malang siap mengawal rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi. Rencananya untuk Kabupaten Malang rekapitulasi penghitungan suara akan digelar pada 9 Mei 2019, hari ini. "Kami bersama tim akan ke Surabaya, melihat langsung proses rekapitulasi tingkat Provinsi bersama dengan KPU Kabupaten Malang," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Wahyudi kepada Malang Post.
Wahyudi mengatakan, saat mengawal nanti, pihaknya tak sekadar melihat saja. Tapi juga melakukan pencocokan data. Dia tidak segan untuk melakukan interupsi jika saat rekapitulasi nanti ditemukan adanya ketidak singkronan data.
"Tugas kami melakukan kontrol sekaligus pengawasan. Sehingga bila ditemukan ada data yang tidak singkron, maka langsung dicari kesalahan atau ketidak cocokannya dimana," ungkap Wahyudi.
Dia menambahkan, jika sejatinya proses rekapitulasi ditingkat provinsi ini secara teknis tidak berbeda jauh dengan rekapitulasi tingkat kecamatan, maupun tingkat daerah. Proses rekapitulasi, KPU akan membeberkan seluruh perolehan suara, baik caleg, DPD maupun presiden dan wakil presiden juga suara partai. Namun demikian, dia tak menampik meskipun sudah dilakukan dengan benar, dan cermat, tapi ada data yang salah.
"Untuk rekapitulasi tingkat kecamatan beberapa waktu lalu memang ada banyak kesalahan data, dan sudah dilakukan perbaikan. Sehingga saat rekapitulasi tingkat Kabupaten yang digelar beberapa waktu lalu, sudah cukup lancar. Kami harap rekapitulasi tingkat provinsi lancar, tidak ada temuan," urainya.
Menurut Wahyudi, sejauh ini prosesnya berjalan lancar, tertib dan terkendali. "Kalau temuan saat proses rekapitulasi tidak ada. Ya cuma kesalahan data saat rekapitulasi tingkat kecamatan. Dan itupun dapat diselesaikan dengan tertib. Artinya jika ada data yang tidak singron, maka salah satu upayanya membuka lagi plano C-1, dan Alhamdulillah semuanya beres," tuturnya. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :