Marquez Peluang Samai Stoner


JAKARTA - Marc Marquezmemiliki peluang untuk menyamai sebuah capaian Casey Stoner dalam balapan MotoGP Prancispada akhir pekan. Syaratnya, Marquez harus menang. Musim ini Marquez sudah meraih dua kemenangan dari empat balapan awal MotoGP 2018. Sepasang podium pertama rider Repsol Honda itu diraih secara berturut-turut di Austin dan Jerez pada seri ketiga dan keempat.
Dengan dua kemenangan tersebut, Marquez kini bertengger di puncak klasemen sementara dengan 70 poin alias unggul 12 angka dari Johann Zarco yang menjadi pesaing terdekatnya. Hasil di Jerez juga membuat Marquez kini sudah meraih 37 kemenangan MotoGP. Jumlah itu membuatnya menyamai Mike Hailwood dalam daftar peraih kemenangan terbanyak di kelas primer.
Nama berikutnya yang akan dibidik Marquez dalam daftar itu adalah Stoner yang punya 38 kemenangan. Artinya, Marquez akan bisa menyamai Stoner jika mampu meraih kemenangan di Le Mans pada akhir pecan ini.
Jika mampu melakukannya, Marquez tinggal punya Jorge Lorenzo (44 kemenangan), Mick Doohan (54), Giacomo Agostini (68), dan Valentino Rossi (89) yang masih mengunggulinya dalam daftar tersebut.
Sejak berkiprah di MotoGP, Marquez sudah menjalani 94 balapan dengan memenangi 37 di antaranya. Prosentase kemenangannya kini mencapai 39,3 persen.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :