Marquez Menangkan Persaingan


ASSEN - Persaingan seru dan ketat terjadi di balapan di TT Circuit Assen, Minggu (1/7), tadi malam. Pertarungan para pembalap kelas wahid begitu seru dan mendebarkan. Marquez, Alex Rins, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saling berebut menjadi yang tercepat sejak start sampai finis.
Memimpin balapan, Marquez kehilangan posisi puncak usai disalip Lorenzo. Rossi ketiga, diikuti Dovizioso dan Cal Crutchlow yang berada di depan Rins, sedangkan Vinales masih tercecer pada tempat kedelapan, di belakang Andrea Iannone.
Balapan kemudian diambil alih Lorenzo pada Lap 5, Marquez turun ke posisi ketiga setelah disalip Rossi, dengan Rins mulai memberikan ancaman. Adapun pada saat ini, Vinales belum juga berhasil menembus masuk pimpinan grup terdepan.
Memimpin cukup lama, Lorenzo terhitung tak banyak terlibat pertarungan, setidaknya dibandingkan para pembalap di belakangnya yang saling menyerang satu sama lain. Bahkan terjadi beberapa pergantian posisi, salah satunya ketika Rins tiga besar.
Pertengahan balapan, Dovizioso giliran menempati urutan terdepan. Namun, posisinya tak serta merta aman. Marquez, Rossi, Vinales, dan begitu pula Rins terus membayangi DesmoDovi. Lagi-lagi, pergantian tempat tak terhindarkan di antara para pembalap.
Tujuh lap terakhir, Marquez menjadi yang pertama. Ia memang sempat mendapat perlawanan dari Vinales, termasuk Dovizioso, saat disalip pembalap Ducati ini dua lap kemudian. Akan tetapi, The Baby Alien mampu membalas dan mulai menegaskan dominasinya.
Memasuki dua lap tersisa, Marquez telah unggul 1,485 detik. Persaingan sengit beralih pada Rins versus Vinales dan Dovizioso melawan Rossi, sementara Lorenzo mengendur, serta melorot turun pada posisi ketujuh, di belakang Crutchlow.
Marquez akhirnya tak terbendung memenangi MotoGP Belanda, Rins mengalahkan Vinales untuk posisi kedua, dan Dovizioso finis keempat di depan Rossi. Urutan keenam diisi Crutchlow. Pembalap LCR Honda itu berhasil mengalahkan Lorenzo dan Johann Zarco.
Melengkapi 10 besar adalah pembalap Angel Nieto Team, Alvaro Bautista dan Jack Miller dari Pramac Racing. Iannone dikenai penalti dua detik karena memotong tikungan dan harus turun satu posisi. Dani Pedrosa memetik hasil mengecewakan, hanya finis ke-15. MotoGP berikutnya bakal dipentas di Sirkuit Sachsenring, Jerman pada 15 Juli mendatang.(msp/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :