Enam Negara Bakal Bikin Lomba Makin Seru

 
MALANG - Kabupaten Malang akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Sepatu Roda dan Skateboard Piala Ibu Negara (PIN). Atlet sepatu roda dari enam negara, memastikan diri ambil bagian dalam kejuaraan tersebut bersama 1.600 atlet dari Indonesia. Rencananya kejuaraan akan dijadwalkan pada tanggal 5 - 8 Juli mendatang, di arena sepatu roda luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen. 
Wakil Ketua Umum KONI Kabupaten Malang Priyo Sudibyo mengatakan, kejuaraan PIN ini, selain akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), rencananya akan dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. 
"Enam negara yang akan menerjunkan atlet sepatu roda dan skateboardnya di Kepanjen itu adalah Vietnam, Malaysia, Thailand, Singapore, India dan Taiwan," ujar Priyo Sudibyo. 
Dikatakannya, dalam event Asian Games Jakarta dan Palembang nanti, skateboard juga resmi dilombakan. Termasuk menjadi eksebisi Olimpiade di Jepang. "Pada kejuaraan PIN, skateboard juga akan dilombakan," terangnya.
Sebagai persiapan, lanjut Bogank sapaan akrabnya, semua sarana dan prasarana untuk menunjang kejuaraan PIN sudah selesai. Di antaranya seperti venue sepatu roda serta jalan di sekitar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, yang akan digunakan maraton sepatu roda. Termasuk arena skateboard juga sudah dilakukan penambalan dan penghalusan.
Tidak hanya itu saja, sejumlah hotel, penginapan dan losmen di sekitar Kepanjen, Turen, dan Sumberpucung sudah full-booking habis untuk event. Karena atlet dan official tim, pasti akan menginap selama beberapa hari untuk mengikuti kejuaraan ini.
"Banyak juga tim official yang akhirnya mencari penginapan di kota Malang. Kami juga sediakan rumah warga untuk menampung atlet. Itu masih di luar wali atlet dan pengurus. Jumlahnya bisa sampai 3.000 orang," tutur Bogank. 
Ketua Gapeknas Kabupaten Malang ini mengatakan, event kejuaraan PIN ini, sekaligus sebagai promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Malang. Dengan harapan bisa mendongkrak wisatawan, baik dalam negeri ataupun wisatawan dari manca negara. 
Karena itulah, untuk menyukseskan gebyar kejuaraan PIN ini, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Pemkab Malang. Termasuk bekerjasama dengan beberapa dinas terkait. Seperti Cipta Karya, Bina Marga serta Dinas Kebudaayaan dan Pariwisata. 
"Termasuk juga akan melibatkan Joko Roro untuk mempromosikan wisata. Karena sekarang ini eranya sudah era sport tourism. Olahraga juga menjadi media paling bagus untuk mempromosikan pariwisata. Apalagi kepada orang-orang mancanegara," papar Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Malang ini. (agp/lim)

Berita Lainnya :