Dipilih Kemenpar Tampil di Jakarta dan Bali

 
MALANG – Kebanggaan bagi Kota Malang dan Kabupaten Malang menyusul dipercayanya Drum Corp Ken Arok Duta Swara Junior (KDS Jr) dan Marching Band An Nur 2 Al Murtadlo Bululawang oleh Kementerian Pariwisata RI. Dua marching band yang menjadi kebanggaan Kota Malang dan Kabupaten Malang ini akan tampil dalam dua gelaran nasional, di HUT ke 47 Korpri 29 November di Jakarta dan Konser Budaya Alam Nusantara di Bali pada awal Desember 2018 mendatang.
Untuk memantapkan persiapan menuju event akbar itu, kemarin, rombongan Kementerian Pariwisata yang dipimpin Agus Riyanto, staf khusus Sesmen Pariwisata RI didampingi Budi Santoso, SH Sekjend PDBI Pusat dan Ir Gunawan Wibosono, Pembina KDS Jr melihat langsung penampilan kolaborasi KDS Jr dan MB An Nur 2 di GOR Ken Arok. Selama kurang lebih 30 menit, rombongan terkesima dan kagum atas penampilan siswa SMP dan SMA yang tampil atraktif dan maksimal tersebut.
Agus Riyanto pada kesempatan kemarin membacakan sambutan Menteri Pariwisata mengaku kagum dengan totalitas anak-anak muda Malang yang tergabung dalam DC KDS Jr dan MB An Nur 2 Al Murtadlo Bululawang. Menurutnya, Kemenpar punya misi mengangkat seni dan budaya serta menanamkan budi pekerti pada anak-anak Indonesia. Makanya dalam event nasional ini, pihaknya mengumpulkan anak-anak muda di seluruh nusantara yang punya potensi dalam hal seni dan budaya. Baik skala nasional maupun internasional. 
‘’Kegiatan yang tidak ada muatan politisnya, tidak hoax. Tapi kita ingin menanamkan budi pekerti kepada mereka. Karena di kalangan anak-anak muda inilah, mereka bisa menyuarakan, menjelaskan kepada semuanya. Pada dunia,’’ jelasnya kepada Malang Post kemarin.
Selain akan tampil di HUT ke 47 Korpri di Jakarta, KDS Jr dan MB An Nur 2 Al Murtadlo Bululawang juga akan tampil di Konser Budaya dan Alam Nusantara di Bali awal Desember 2018 mendatang. Mereka akan bergabung dengan kesenian Angklung Mang Ucok Jawa Barat, Sangar seni di Bali dan sanggar Jawa Tengah serta daerah-daerah lain di Indonesia.Mereka akan berkolaborasi menampikan seni budaya yang beraneka ragam sehingga masyarakat secara nasional, bahkan internasional tahu tentang Indonesia. ‘’Ini lho Indonesia, luar biasa dan punya kekuatan hebat kalau tampil bersama. Biar dunia tahu kalau Indonesia itu sangat Indah dan beragam seni dan budayanya,’’ ungkapnya.
Ir Gunawan Wibisono , Pembina KDS Jr menegaskan, olahraga drum band merupakan perwujudan kedisiplinan dan budi pekerti. “Ini titik awal, kami selaku pengurus drum band sekaligus pembina akan membawa anak-anak pada prestasi yang lebih tinggi. Drum band juga bukti pendidikan agar anak-anak cinta pada tanah air,’’ jelasnya. 
‘’Ke depan, kami juga akan berupaya membina agar drum band menjadi bidang olahraga yang profesional dan bisa ikut dalam event-event nasional dan internasional. Drum Band ini wujud kekompakan. Pandangan saya kekompakan adalah modal untuk anak-anak meraih prestasi. Karena itu harus terus dibina dan dikembangkan secara profesional,’’ tandasnya.
Budi Santoso SH, Sekjend PDBI Pusat mengaku yakin arek-arek Malang akan tampil luar biasa. “Malang itu hebat. KDS jr dan MB An Nur 2 juga luar biasa. Mereka pasti akan bisa memberikan penampilan yang membanggakan bagi Indonesia,’’ tandas pendiri KDS Jr ini.
Damanhuri SE, Koord Pelatih sekaligus Penanggungjawab KDS Jr menyambut baik kepercayaan yang diberikan Kemenpar RI. “Mohon doanya, kami bisa memberikan penampilan terbaik. Karena ini kepercayaan, kita akan fokus dan kerja keras selama tiga bulan ke depan. Tidak ada kata santai, semua harus satu kata, berlatih keras dan sungguh-sungguh untuk penampilan terbaik. Karena nama Malang dipertaruhkan di pentas nasional,’’ tandas pelatih peraih emas dalam PON 2008 di Kalimantan Timur ini yang dikenal sangat tegas. (lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :