Tirta Kanjuruhan Pasang Tandon Air

Tandon milik Perumda Tirta Kanjuruhan mulai dipasang di beberapa wilayah yang rawan terjadi kekeringan.
 
 
Antisipasi Bencana Kekeringan 
MALANG- Petugas Perumda Tirta Kanjuruhan tak mau menunggu, terkait bencana kekeringan. Sebaliknya, eks PDAM Kabupaten Malang ini memilih untuk jemput bola. Salah satunya dengan memasang tandon di wilayah-wilayah rawan terjadi bencana kekeringan.
Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H Samsul Hadi S.Sos, MM mengatakan jika pemasangan tandon di wilayah rawan kekeringan ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.
Terlebih sebagai perusahaan daerah, Perumda Tirta Kanjuruhan tak sekadar memprioritaskan keuntungan. Tapi juga fungsi sosial. Itu terbukti, tandon-tandon itu dipasang tidak hanya di wilayah pelanggan saja. Namun juga diwilayah yang bukan pelanggan. ''Hari ini kami memasang tandon di Desa Purwodadi  dan di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo," katanya.
Samsul mengatakan, di dua desa itu ada sembilan tandon dipasang. Yaitu masing-masing lima di wilayah desa Purwodadi, dan empat di wilayah Desa Sumberoto.
Dua desa ini dipasang tandon air, tak lain merupakan daerah yang rawan terjadi kekeringan. "Kami juga akan memasang tandon di wilayah-wilayah lain, yang rawan terjadi kekeringan," urainya.
Dijelaskan oleh Samsul, tandon yang dipasang ini akan memudahkan masyarakat yang wilayah mengalami kekeringan untuk mengambil air. "Jadi warga tidak perlu menunggu tangki air. Karena air dari tangki nanti langsung dimasukkan ke tandon," ungkapnya. 
Dia mengatakan tandon tersebut berkapasitas 3000 liter. Dan dapat digunakan oleh 500 warga. 
Samsul juga memastikan dengan tandon tersebut, warga tidak akan sampai kekurangan air. "Kami pastikan air ditandon tidak sampai kehabisan, dan langsung diisi oleh tangki-tangki," urainya.
Disinggung dengan pemasangan tandon yang sudah dilakukan, Samsul ini untuk mengantisiasi dampak. "Jadi kalau sewaktu-waktu kekeringan melanda, petugas kami tinggal memberikan suplai air. Karena tandonnya sudah ada," tambahnya. Dia juga mengatakan, air untuk suplai air ke tandon diambilkan dari sumber terdekat. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :