Perhutani KPH Ajak Masyarakat Perangi Ilegal Logging


MALANG - Kabupaten Malang memiliki kawasan hutan yang sangat luas, terutama di wilayah Malang Selatan. Selama ini, banyak terjadi pembalakan liar atau ilegal logging. Karenanya untuk menjaga kelestarian hutan, Perhutani KPH Malang mengajak masyarakat untuk memberantas pelaku ilegal logging. "Kami mengajak masyarakat bersama-sama untuk memberantasnya. Ketika melihat atau menemukan, silahkan segera melaporkan," ujar akil Adm Perhutani KPH Malang, Agus Ruswanda.
Ia mengatakan, bahwa pembalakan liar atau ilegal logging menjadi atensi utama untuk diberantas. Karenanya untuk pencegahannya, secara rutin melakukan patroli di kawasan hutan. Baik hutan lindung ataupun hutan produksi. "Patroli  lapangan menjadi agenda wajib, dalam komitmen memberantas pembalakan liar. Kami terus sampaikan kepada petugas di lapangan untuk meningkatkan patroli," jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan, bahwa hutan lindung ataupun produksi di Malang Raya mencapai 90 ribu hektare. Selama ini, rata-rata produksi kayu dari wilayah KPH Malang mencapai 15 ribu kubik.
Komoditas kayu jati dan sonokeling merupakan komoditas yang punya kualitas. Paling banyak, kayu jati dan sonokeling tersebut berada di wilayah Malang Selatan. "Malang Selatan memang paling rawan dibandingkan Malang Barat. Karena kayu yang tumbuh di sana punya kualitas yang bagus seperti kayu jati dan sonokeling," paparnya. (agp/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :