Pejudo Berprestasi, Target Emas di Porprov


Meraih banyak prestasi melalui hobi adalah hal yang luar biasa. Prestasi juga yang mengantar M. Kevin Firmansyah meraih cita-citanya sebagai anggota Polisi di Polres Batu. Di usia cukup muda, Kevin, sapaan akrabnya telah meraih berbagai prestasi. Baik tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, internasional. Sehingga sebagai anggota Polres Batu menjadi salah satu kebanggaan tersendiri.
Ia juga menjadi kontingen Porprov Jatim VI di Bojonegoro, Jawa Timur dalam Cabor Judo. Ketika temen-temannya tengah persiapan untuk Porprov, ia harus menyusul nanti. Pasalnya, ia mendapat tugas negara untuk mengamankan proses Pemilihan Kepala Desa serentak yang bergulir pada tanggal 30 Juni.
Membagi waktu antara antara Judo dengan menjalankan tugas negara bukanlah hal mudah. Namun keduanya mampu dilalui dengan hasil yang cemerlang. Terlebih dalam Porprov kali ini ia bertekad untuk mempersembahkan medali emas dalam HUT ke 73 Bhayangkara.
"Saya sudah mengikuti Judo sejak SD kelas 6. Pertama kali terjun dalam kejuaraan Judo saat itu mampu meraih juara satu. Dari hal itulah saya mulai meneruskan hobi Judo ini sampai jadi Polisi dan meraih berbagai prestasi," papar Bripda Kevin kepada Malang Post.
Alumnus SMANOR (SMA Negeri Olah Raga), Sidoarjo ini menceritakan lebih lanjut, hobi yang ia geluti tersebut terinspirasi dan dorongan dari sang ayah. Yang mana ayahnya Dodik Triadi Firmanto adalah Brimob di Watukosek dan juga seorang atlet Judo.
"Hobi juga yang saat ini juga menjadi bagian dari hidup saya ini terinspirasi dari ayah. Sehingga ketika saya melanjutkan olah raga ini sepenuhnya di dukung oleh keluarga. Ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk bisa mengembangkan dan menunjukan bahwa saya mampu," terangnya dengan semangat.
Terbukti, dari keyakinannya tersebut, beberapa prestasi mampu diraihnya. Di antaranya Juara 1 Kejurda Jatim tahun 2012-2016, Juara 3 Sirkuit Judo tahun 2013, Juara 1 PON Remaja I tahun 2014, Juara 2 Internasional Bali Open 2015, Juara 1 Sirkuit Judo tahun 2014, Juara 3 Popnas Jatim tahun 2015, Juara 2 Porprov Jatim 2015. Kemudian Juara 3 Internasional Bali Open 2016, Juara 3 Internasional Bali Open 2017 dan tahun ini berpartisipasi dalam Porprov Jatim mewakili Pasuruan.
Termasuk menjadi anggota polisi. Diungkap anggota Sat Reskrim Polres Batu ini sangat didukung oleh kedua orang tuanya. Pasalnya, kedua orang tuanya juga ingin putra dari dua bersaudara ini mengabdi pada bangsa dan negara.
"Alhamdulillah berkat dukungan orang tua, latihan tekun setiap hari, dan mau bekerja keras. Semua berakhir dengan positif," imbuh laki-laki kelahiran Mojokerto, 17 Desember 1998 ini.
Kini, Kevin harus benar-benar membagi waktu dan menjaga kesehatannya. Karena selain bersiap menghadapi Porprov, ia juga harus mengamankan Pelaksanaan Pilkades di Pujon, Kabupaten Malang yang merupakan wilayah hukum Polres Batu.
"Bagi saya antara tugas negara dan Porprov sama pentingnya. Sekarang harus fokus menjaga jalannya Pilkades. Setelah selesai baru menatap Porprov," tegasnya.
Ia berharap untuk Pilkades pelaksanaaanya berlangsung aman tanpa kendala. Begitu juga dengan Porprov ia mampu mempersembahkan medali emas. "Dari kesuksesan keduanya saya berharap bisa saya hadiah untuk HUT ke73 Bhayangkara tahun 2018 ini," pungkasnya.(eri/ary)