Lampu 1.218 PJU Diganti LED


KEPANJEN – Komponen lampu sebanyak 1.218 Penerangan Jalan Umum (PJU) diganti baru menggunakan teknologi LED oleh Dinas Bina Marga Kabupaten Malang. Anggaran yang disediakan untuk penggantian komponen baru pada tahun anggaran 2018 ini sebesar Rp 4 M. Itu tersebar di seluruh ruas jalan yang ada di Kabupaten Malang.
Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Ir Romdhoni mengatakan, revitalisasi PJU sudah dilakukan. “Proses penggantian lampu dilakukan secara bertahap. Tujuannya supaya memberikan kenyamanan pengguna jalan. Sekaligus juga memberikan estetika yang baik di sepanjang jalan poros milik Kabupaten Malang,” ujarnya kepada Malang Post kemarin.
Dia menjelaskan, upaya revitalisasi PJU yang akan menelan dana sebesar itu juga sebagai bentuk efisiensi penggunaan daya listrik. “Tujuannya, supaya hemat dalam penganggarannya. Tapi tidak mengurangi kualitas penerangan di jalan raya. Saya pastikan kualitasnya menjadi lebih baik dan komponen tidak mudah rusak,” tegasnya.
Menurutnya, bahwa revitalisasi PJU memang menjadi perhatian bagi Dinas Bina Marga Kabupaten Malang. Sehingga setiap tahun, program PJU masuk dalam program kerja dengan berbagai sumber dana yang ada. Perbaikan sekaligus peningkatan kualitas komponen PJU terus diupayakan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara.
Selain itu, kata dia, selain komponen mudah rusak, kendala lainnya beberapa komponen PJU juga hilang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Sehingga, pihaknya mengatakan jumlah lampu PJU yang diganti sangat banyak.
“Selain itu, ada yang usianya sudah tua, maka dari itu ya harus diganti,” imbuhnya. Dia melanjutkan, penggantian lampu beserta komponennya dilakukan hingga akhir tahun. Karena proses penggantiannya harus dilakukan secara bertahap. Mengingat banyaknya PJU yang harus diganti dan belum diimbangi dengan adanya tenaga teknisi. (big/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...