Jangan Pesimis, Disiplin dan Harus Berkorban


MALANG – Untuk mencapai impian serta pencapaian dalam dunia kerja dibutuhkan perjuangan serta pengorbanan. Pesan ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj Jajuk Rendra Kresna saat memberikan motivasi kepada 250 lulusan SMK peserta pelatihan persiapan kerja di Hotel EL Karangploso.
“Dunia kerja sudah sangat berbeda dengan dunia pendidikan di sekolah. Maka dari itu, kalian harus menyesuaikan dunia baru. Selain itu, paling penting harus berjuang dan bisa jadi berkorban untuk meraih hasil terbaik dalam bekerja,” ujarnya. Dia menjelaskan, banyak cara untuk berkorban dalam bekerja, seperti berkorban waktu dan tenaga.
Bahwa untuk mencapai keberhasilan butuh perjuangan dan pengorbanan. Tingkat persaingan hidup sekarang juga semakin keras dan berat. Tapi Jajuk mengingatkan jangan sampai pesimis. “Jadilah orang yang disiplin,” imbuhnya. Menurutnya, para lulusan SMK harus terlebih dahulu beradaptasi dan menyesuakan diri dengan dunia kerja.
Salah satunya dengan mengikuti Pelatihan Persiapan Kerja yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang seperti ini. Melalui pelatihan semacam ini, kata dia, para lulusan SMK lebih mudah berdaptasi dalam dunia kerja. Selain itu, paling penting mereka menjadi siap bekerja dan tidak kaget dengan nuansa yang baru.
“Kalau selama ini mereka bersekolah, kondisinya berbeda ketika bekerja. Karena saat bekerja, mereka harus bersaing dengan rekan kerja dan memiliki impian saat bekerja itu,” kata dia. Istri Bupati Malang Dr H Rendra Kresna ini melanjutkan, para lulusan SMK maupun anak-anak jangan sampai melupakan peran orang tua mereka masing-masing.
“Bahwa kalian bisa sekolah, bisa mendapat pendidikan seperti sekarang ini, karena peranan orang tua lho,” kata dia. Selanjutnya dia berharap kepada seluruh peserta supaya dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik mungkin. Karena banyak materi pelatihan persiapan kerja yang diberikan dalam kesempata tersebut.
Seperti materi beradaptasi dunia kerja, meningkatkan daya saing dan psikologis dalam bekerja. “Semoga melalui pelatihan ini, mereka benar-benar siap bekerja. Sehingga tidak menemui kendala saat memasuki dunia kerja, dimanapun mereka bekerja nanti,” pungkasnya. (big/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :