Dinas Perikanan Siapkan Aplikasi Lelang Online


KEPANJEN - Dinas Perikanan Malang siap meluncurkan  aplikasi terkait pelelangan ikan. Dimana dalam aplikasi tersebut pelelangan ikan tak lagi menggunakan sistem manual. Melainkan lelang ikan, dapat dilakukan secara online.
“Saat ini aplikasinya sedang disiapkan. Pembuatan aplikasi kami bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Malang,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati. Aplikasi ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk ikut lelang ikan.
Tentunya, kata dia, dengan kualitas dan harga terbaik. “Dalam aplikasi itu nanti dituliskan jenis tangkapan ikan, jumlah atau beratnya dan harganya. Karena sistemnya online, maka siapapun bisa ikut menjadi peserta lelang," ungkap Atik, sapaannya.
Sejauh ini, tambah wanita berjilbab ini lelang ikan dilakuan secara manual. Para peserta lelang mendatangi tempat pelelangan, dan melakukan penawaran.  “Nah itu, ikan sendiri tidak bisa didiamkan dalam waktu lama, maka prosesnya pun harus cepat,” ungkap dia.
Tim yang ditunjuk untuk mengopersionalkan aplikasi ini juga harus melakukan update. Sehingga begitu ada ketersediaan ikan langsung dapat diketahui. Dia mengatakan aplikasi ini merupakan inovasi untuk memberikan kemudahan dalam memperoleh ikan.
"Selain itu, aplikasi ini juga memuat tentang e-Retribusi. Melalui ini retribusi terkait pelelangan ikan juga dilaporkan secara online," tambah mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Malang ini. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :