Desa Kucur Tawarkan Keindahan Alam


MALANG – Segudang potensi wisata dimiliki oleh Desa Kucur Kecamatan Dau. Berbekal potensi itu, desa tersebut didorong untuk semakin maju dalam sektor wisata. Salah satu upaya dilakukan Pemkab Malang, yakni dengan diselenggarakan Bina Desa di Desa Kucur selama dua hari kemarin, untuk memacu pembangunan terutama sektor wisata.
Kegiatan Bina Desa itu dipimpin langsung Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Malang ini bersama seluruh pejabat menginap di desa itu. Selain menjaring aspirasi warga, dalam kesempatan tersebut juga diadakan berbagai kegiatan bersifat pemberdayaan masyarakat dan banyak dilakukan pembangunan fisik.
Seperti peletakan batu pertama pembangunan Tempat Wisata alam Lereng Gunung Sari dan pembuatan jalan pavingisasi untuk mempermudah akses wisatawan. Selain itu, juga dilakukan berbagai kegiatan pelatihan. Salah satunya adalah pelatihan Agen Hayati menggunakan teknologi Buah Berjenjang Sepanjang Tahun (Bujangseta).
Tidak hanya itu, Pemkab Malang juga memberikan seabrek bantuan kepada Desa Kucur. Peninjauan pembangunan dan pelatihan serta pemberian bantuan dilakukan langsung oleh Bupati Malang Dr H Rendra Kresna. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerap aspirasi masyarakat melalui dialog bersama untuk mengetahui keluhan warga.
Bupati Malang Dr H Rendra Kresna mengatakan, Desa Kucur memiliki potensi perkebunan buah jeruk dan aneka sayur mayur yang melimpah. “Potensi yang ada di desa ini harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya dimanfaatkan untuk pengembangan sektor pariwisata. Karena potensi di desa ini sangat melimpah,” ujarnya.
Dia menjelaskan, seperti potensi kebun jeruk bisa dimanfaatkan melalui wisata petik jeruk. “Kondisi desa ini juga terus berkembang dengan baik. Selanjutnya, sektor pariwisata bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Lantaran pengembangan wisata menjadi priotitas Pemkab,” kata Ketua DPW NasDem Jawa Timur ini.
Maka dari itu, pihaknya mendorong seluruh desa supaya memanfaatkan potensi pariwisata. Sedangkan dalam kesempatan Bina Desa ini, kata dia, Pemkab juga memberikan berbagai bantuan bagi Desa Kucur. Selain itu, juga melakukan percepatan pembangunan di desa tersebut.
“Pembangunan yang diberikan mendapat dukungan yang baik oleh masyarakat Desa Kucur. Melalui kebersamaan serta kegotongroyongan juga semakin mempermudah proses pembangunan yang dilakukan,” pungkasnya. (big/lim)

Berita Lainnya :

loading...