Bina Marga Ajukan Anggaran Penggantian PJU

 

MALANG - Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang berencana mengganti daya penerangan jalan umum (PJU) yang menggunakan tenaga surya atau solar cell dengan listrik. Banyak PJU yang menggunakan tenaga solar cell, tak lagi berfungsi, lantaran baterai penyimpan daya hilang. 
Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Ir Romdhoni mengatakan jika rencana mengganti PJU dari solar cell ke listrik lebih efisien, dan perawatannya pun mudah. 
“Seluruh PJU menggunakan solar cell diganti listrik semua. Perawatannya lebih mudah,” terangnya.
Ditemui usai rapat paripurna di gedung DPRD Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan jika dengan aliran listrik, dipastikan tak ada lagi PJU yang padam. Kalaupun padam, disebutkan oleh Romdhoni karena memang ada pemadaman listrik.
“Kalau sekarang, PJUnya ada, tapi baterainya tidak ada. Jadi tidak bisa hidup juga,” ungkap mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang itu.  Dia mencontohkan di Jalur Lingkar Barat (Jalibar), banyak PJU menggunakan tenaga solar cell. 
Pantauan Malang Post, dari puluhan tiang PJU di Jalibar yang masih berdiri, hanya tersisa tempat pengaman. Sedangkan baterai dalam boks sudah  tidak ada. Kondisi ini sempat dikeluhkan warga yang melewati jalan itu di malam hari. 
Tak hanya mengganti dayanya, Dinas PU Bina Marga juga akan memasang meteran listrik untuk seluruh PJU di Kabupaten Malang. Romdhoni mengatakan saat ini pihaknya masih mengajukan perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun ini.
“Sekarang masih diajukan sehingga bila disetujui, tahun ini bisa langsung dapat dikerjakan,’’ tandasnya. Namun dia tidak ingat berapa jumlah PJU solar cell yang akan diganti menjadi berdaya listrik. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :