Bedah 10 Rumah di Dau


MALANG – Program bedah rumah terus dijalankan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang. Seperti saat kegiatan Bina Desa di Desa Kucur Kecamatan Dau, Rabu (11/7) dinas ini membedah sepuluh unit rumah tidak layak huni dan membangun sebanyak 15 jamban milik warga miskin.
Proses bedah rumah dan pembangunan jamban tersebut, juga ditinjau langsung oleh Bupati Malang Dr H Rendra Kresna dan Wakil Bupati (Wabup) Malang Drs H M Sanusi MM. Saat meninjau bedah rumah dan pembangunan jamban, keduanya didampingi Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM.
Dalam kesempatan itu, Bupati juga berinteraksi dengan pemilik rumah yang dibedah dan sekaligus meninjau tugas dari Duta Sanitasi Kabupaten Malang dalam mengampanyekan sanitasi dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)
Kepala DPKPCK Kabupten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan bedah rumah, utamanya di kesempatan Bina Desa. “Program pengentasan kemiskinan menjadi atensi utama dari Bapak Bupati Malang. Sedangkan salah satu upayanya adalah melalui bedah rumah,” ujarnya kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, untuk proses bedah rumah di tempat tersebut dilakukan secara bergotong royong. “Karena prosesnya secara gotong royong bersama masyarakat setempat, maka penyelesaiannya tergantung masyarakat. Namun, upaya gotong royong dari masyarakat tersebut, patut kami apresiasi,” kata pria ramah ini.
Mantan Camat Tajinan tersebut melanjutkan, bedah rumah dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. “Untuk OPD lain yang melakukan bedah rumah dalam kesempatan bina desa itu sebanyak enam rumah. Itu belum termasuk dari Baznas Kabupaten Malang yang juga melakukan bedah rumah,” terangnya.
Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang ini, bedah rumah tersebut diharapkan menjadi stimulan agar masyarakat peduli terhadap rumah sehat, “Apalagi bedah rumah sekarang yang kami lakukan merupakan bedah rumah plus-plus. Artinya plus dengan jamban dan septic tanknya. Sehingga, masuk kategori rumah sehat,” pungkasnya. (big/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :