Aksi Demo Udara Warnai Sertijab Komandan Wing


MALANG - Demo aksi di udara mewarnai serah terima Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh, Senin (12/8). Tidak hanya terjun payung, kegiatan yang digelar di lapangan Skadron 4 Lanud Abd Saleh itu juga diisi dengan flypass pesawat Super Tucano, pesawat Hercules dan pesawat Cassa. Tiga jenis pesawat ini membentuk beragam formasi. Tentu saja hal tersebut membuat takjub para anggota TNI AU, termasuk para tamu undangan.
Demo udara digelar seusai upacara serah terima jabatan. Mengusung cerita perebutan pangkalan udara, yang sedang dikuasai musuh. Kegiatan diawali dengan flypass pesawat Hercules. Tiga pesawat terbang rendah  di atas Lanud Abd Saleh. Dilanjutkan dengan pesawat cassa, dan pesawat Super Tucano.
Pemandangan menakjubkan dilihatkan oleh pesawat Super Tucano. Karena lima pesawat yang terlibat dalam demo udara tidak hanya terbang rendah, tapi juga melakukan atraksi yang memukau.
Demo udara ini diakhiri dengan aksi penerjunan sebanyak 10 penerjun dari Batalyon 464 Paskhas dan Denmatra 2 Paskhas, yang melakukan terjun free fall dari ketinggian 10 ribu feet. Beberapa diantaranya membawa bendera satuan di Lanud Abd Saleh. Selama di udara, para penerjun melakukan manuver dan berhasil mendarat dengan sukses.
Aksi penerjunan ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terimakasih para anggota jajaran Paskhas  terhadap Kol Pnb Meka Yudanto, yang selama ini memimpin Wing 2 Paskhas, memberikan kesempatan para anggota melakukan latihan penerjunan free fall dicombain dengan penerbangan atau latihan rutin yang digelar satuan jajaran di bawah Komandan  Wing 2 Lanud Abd Saleh.
Bahkan selesai melakukan penerjunan, 10 prajurit Paskhas bersama-sama menghadap ke Meka Yudanto dan penggantinya, Kol Pnb Eko Sujatmiko untuk mengucapkan terimakasih secara langsung.
Sementara itu, serah terima jabatan KomandanWing 2 Lanud Abd Saleh. Kol Pnb Muka Yudanto S.Sos secara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Komandan Wing 2 Paskhas kepada Kol Pnb Eko Sujatmiko. Serah terima jabatan ditandai dengan upacara yang dipimpin oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat.
Dalam sambutannya, Hesly mengatakan mutasi atau rotasi jabatan pada perwira TNI merupakan hal biasa. Rotasi dilakukan untuk penyegaran, sekaligus memberikan pengalaman baru, agar anggota TNI lebih profesional dalam melaksanakan tugas.
Hesly tak lupa mengucapkan selamat datang kepada Eko Suatmiko, dan berharap Eko cepat beradaptasi untuk meneruskan tonggak kepemimpinan dengan baik. Begitu juga kepada Kol Pnb Meka Yudanto, Hesly tak lupa mengucapkan terimakasih. Dia juga berharap, Meka mampu melaksanakan tugas lebih profesional. Meka mendapatkan promosi menjadi Danlanud  Suwondo, Medan. Serah terima jabatan diakhiri dengan kegiatan ramah tamah dan pemberian cinderamata. (ira/udi)

Berita Terkait