Wali Kota Telusuri Keluhan Surat Rujukan di RSUD


MALANG - Kasus yang dialami warga Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang terkait pengurusan surat rujukan di RSUD Kota Malang yang lama, akan segera didalami Wali Kota Malang Sutiaji dan Komisi D DPRD Kota Malang.
Seperti diberitakan sebelumnya, pengurusan surat rujukan pengguna BPJS Kesehatan di rumah sakit milik Pemkot Malang dikeluhkan salah seorang Bumiayu. Pengurusan surat rujukan yang biasanya paling lama satu hari, hingga harus menunggu selama empat hari.
 Wali Kota Malang Drs H Sutiaji menegaskan, pelayanan pengguna BPJS Kesehatan warga Kota Malang seharusnya tidak menimbulkan masalah-masalah seperti yang dialami warga Bumiayu tersebut.
“Tidak seharusnya seperti itu. Kita ingin pelayanan lebih mudah tidak ada yang dipersulit,” ungkap Sutiaji saat ditemui usai Rapat Paripurna di DPRD Kota Malang.
Pihaknya masih akan mencari tahu duduk persamalahannya, karena belum mengetahui secara detail dan jelas persoalan yang dikeluhkan warga itu.
Ia mengatakan akan segera mengklarifikasi hal ini lebih jelas pada pihak terkait, seperti pihak RSUD Kota Malang, juga Dinas Kesehatan Kota Malang jika diperlukan. Begitupula dengan pihak BPJS Kesehatan.
“Karena dikatakan ada aturan baru ya. Ini yang harus saya klarifikasi dulu baik ke BPJS juga ke rumah sakit. Tentu akan saya lihat dulu,” pungkasnya.
Sementara itu anggota Komisi D DPRD Kota Malang Drs Rusman Hadi pun mengatakan hal yang sama. Ia masih akan mendalami kasus tersebut untuk kemudian mengambil tindakan. Mengingat pihaknya pun masih belum mengetahui jelas alur keluhan warga tersebut.
Meski begitu terkait pelayanan kesehatan, utamanya di rumah sakit milik daerah sendiri, Rusman menegaskan warga Kota Malang seharusnya diutamakan. Kecepatan pelayanan dan profesionalitas tenaga kesehatan sangat harus diperhatikan.
“Ya kita akan cek kesana. Tapi kita akan bahas dulu segera ini di komisi,” terang politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.
Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Malang Indry Kurnia menanggapi kasus yang dialami Hery Mahabella warga Kelurahan Bumiayu yang mengurus surat rujukkan hingga total 4 hari lamanya, mengatakan hal ini berkaitan dengan prosedural awal.
Ia mengatakan prosedural surat rujukkan memang sudah sesuai. Meski begitu ia masih akan melakukan komunikasi dan koordinasi lebih lanjut terkait kasus tersebut.
“Barangkali karena ketidaktahuan terkait sistem rujukan. Tapi nanti kita komunikasikan lagi,” tegas Indry singkat. Pihaknya masih akan melakukan konfirmasi kepada warga bersangkutan, karena hingga kemarin masih belum mengetahui kasus ini dengan detail. (ica/aim)

Berita Lainnya :