Satgas Pangan Pastikan Ketersediaan Sembako

 
MALANG – Sehari menjelang puasa, Polres Malang Kota bersama TNI dan Pemkot Malang memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran tercukupi. Rabu (16/5), dipimpin Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri melakukan kunjungan ke beberapa pasar, salah satunya ke Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang.
”Ada kenaikan harga yaitu telur dan daging ayam potong. Masing-masing mengalami kenaikan Rp 1000 dibandingkan hari sebelumnya,’’ kata Asfuri.
Kenaikan harga itu disebutkan Asfuri akibat terjadi peningkatan permintaan, dan turunnya pasokan daging ayam potong serta telur.
”Kami langsung berinteraksi dengan pedagang. Mereka menyebutkan, jika ada penurunan distribusi daging dan telur. Itu yang mengakibatkan terjadi kenaikan harga,’’ tambahnya, saat ditemui usai melakukan pemantauan ketersediaan sembako dan harga di Pasar Oro-Oro Dowo.
Sebaliknya, dalam operasi gabungan kemarin, tim gabungan  ini  menemukan harga bawang putih yang turun drastis. Harga bawang putih jenis biasa Rp 25 ribu, dan kemarin menjadi Rp 20 ribu. Sementara untuk harga sembako lainnya, dikatakan perwira dengan dua melati di pundak ini relatif stabil, dan stoknya juga sangat aman.
”Kita terus lakukan pemantauan. Kami juga sudah membentuk Satgas Pangan yang setiap hari melakukan pemantauan ketersediaan  sembako serta harga,’’ ucapnya. 
Dia pun tak akan tinggal diam, jika mengetahui adanya kenaikan harga atau kekosongan stok sembako. Bersama dengan Pemkot pihaknya akan berusaha agar kekosongan dan kenaikan harga tak terjadi.
Sementara itu, operasi pasar kemarin dimulai dari Pasar Oro-Oro Dowo. Seperti operasi gabungan pada umumnya, di Pasar Oro-Oro Dowo, Asfuri yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan, Wahyu Setianto, Kabag Perekonomian Pemkot Malang Rinawati, langsung mendatangi lapak-lapak pedagang. Dia pun langsung menanyakan harga dan stok sembako kepada para pedagang. 
Bahkan, kepada pedagang, Asfuri juga menanyakan kondisi pasar termasuk pengunjung. Tak pelak, pertanyaan Asfuri pun dijawab tegas oleh masing-masing pedagang. Dimana beberapa hari terakhir terjadi peningkatan pengunjung. 
Sementara untuk harga sembako sendiri di Pasar Oro-Oro Dowo relatif stabil. Di toko pracangan Wawan salah satunya. Dimana harga beras jenis medium masih berkisar pada harga Rp 10.400 perkilogram, sedangkan jenis premium berkisar Rp 13.400 perkilogram, dan jenis organik tembus Rp 15000 per kilogram. Sedangkan untuk gula Rp 11.500 perkilogram. Dan tepung segitiga biru Rp 7000 per kemasan.
”Kalau harga telur fluktuatif. Senin lalu (14/5) harganya Rp 24.500, kemarin (Selasa) turun Rp 23 ribu perkilogramnya. Dan hari ini naik lagi Rp 1000, jadi Rp 24 ribu perkilogramnya. Sementara untuk harga sembako lainnya relatif stabil,’’ kata Tarmudji pemilik toko peracangan Wawan. (ira/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :