Rusak, Tombol Pelican Crossing Jalan Bandung Hilang

 
MALANG – Belum satu tahun dioperasikan, pelican crossing di Jalan Bandung (depan MAN 2 Malang) sudah tidak lagi berfungsi sejak satu bulan terakhir. Padahal pada daerah tersebut sangat padat pejalan kaki khususnya pelajar yang berlalu lalang di pagi hari dan menjelang jam pulang sekolah.
Rusaknya Pelican Crossing di jalan tersebut diakibatkan tombol yang digunakan untuk menyalakan lampu hilang. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.
Kepala Dishub Kota Malang, Kusnadi, S.Sos, mengungkapkan, perbaikan pelican crossing menjadi kewenangannya, namun kerusakan tersebut sudah dilaporkan kepada kementerian pusat selaku penanggungjawab proyek tersebut. Bahkan laporan sudah disampaikan kurang lebih tiga Minggu lalu.
“Kami sudah melaporkan kerusakannya namun beluma ada balasan dari pusat. Kalau Dishub Kota Malang memperbaikinya itu justru menimbulkan kesalahan. Jadi saat ini kami masih menunggu tanggapan dari Kemenhub,” ujar Kusnadi.
pelican crossing biasa juga disebut pedestrian light controlled crossing. Penyeberangan jenis ini memberikan keleluasaan pada warga yang ingin menyeberang untuk menekan tombol yang menghidupkan lampu merah bagi pengendara yang melintas.
Kerusakan ini terbilang sudah lama terjadi sehingga perlu segera diperbaiki untuk memberi kemudahan bagi pengguna jalan. Lebih lanjut, Kusnadi memaparkan, biasanya jika ada laporan, penanganannya terbilang cepat. Lantaran kehadiran pelican crossing sangat bermanfaat dan diperlukan pengguna jalan terutama bagi masyarakat yang menyebrang.
“Biasanya untuk memperbaiki ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga dua minggu. Kami bekerja sama dengan Dishub Provinsi jadi apabila ada kerusakan apapun itu segera ditangani, sementara pelican crossing ini harus mengajukan dulu ke Kementerian Perhubungan,” urainya.
Kusnadi menghimbau masyarakat untuk bekerja sama menjaga fasilitas umum khususnya traffic lamp yang disediakan oleh pemerintah. Jangan merusak, apalagi pelican crossing keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat demi keselamatan pengguna jalan itu sendiri. (lin/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :