Rangkul RS, Tidak Boleh Ada Pasien Terlantar

KUALITAS LAYANAN: Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr, dr Asih Tri Rachmi mengajak semua manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat.
 
 
MALANG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang merangkul seluruh rumah sakit yang ada untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Diharapkan, tidak ada lagi pasien yang terlantar lantaran tidak ada biaya. 
Selain itu, pihak Dinkes juga mengoptimalkan pengawasan melalui sistem khusus. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr, dr Asih Tri Rachmi mengungkapkan, dalam memberikan pelayanan terhadap pasien pihak rumah sakit harus memberikan yang terbaik. 
"Jangan sampai ada pelayanan masyarakat yang terlantar. Rumah sakit tidak perlu malu memberikan pertolongan. Kalau pasien memang harus dirujuk, ya harus dilakukan," terang dia pada fasilitasi peningkatan layanan rumah sakit di Hotel Sahid Montana 1, kemarin.
Sebagai pelayan masyarakat di bidang kesehatan, menurutnya pihak rumah sakit harus mau memberikan solusi dan mengutamakan sisi sosial. "Kalau memang ada pasien yang tidak memiliki biaya, biar kami (pemerintah daerah) yang tanggung, jika dia tidak memiliki BPJS kesehatan," kata Asih.
Pada kesempatan tersebut, Asih mengungkapkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan upaya untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan melalui PSC 119. "Ambulan tersebut bisa mengevakuasi pasien, baik kecelakaan maupun yang sakit," terangnya.
Ke depan, lanjut Asih pihaknya akan bekerjasama dengan stakeholder agar pelayanan kesehatan lebih maksimal. "Kami akan memeprkuat jaringan dengan pihak kepolisian dan Jasa Raharja untuk klaim korban kecelakaan," papar dia.
Selain itu, untuk menjamin masyarakat supaya terlayani dengan baik, pihaknya akan memaksimalkan sistem terintegrasi untuk rumah sakit. "Jika ada pasien yang membutuhkan rujukan, pasien tidak perlu riwa-riwi. Sudah langsung tersistem dan tinggal datang saja," terangnya.
Pihaknya bisa mengawasi kinerja rumah sakit supaya lebih baik lagi. "Kami betul-betul optimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Melalui forum ini, saya berharap, pelayanan bisa lebih baik lagi," tandas dia.(tea/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :