PSI Ungkap Solusi Basmi Politik Uang

 
MALANG - Ajak masyarakat bersama menyusun program kerja untuk dilakukan kalangan legislator saat duduk sebagai wakil rakyat. Hal ini menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan seorang wakil rakyat jika untuk menghindari permainan politik uang dalam situasi dan lingkungan apapun. 
“Memang berat. Tetapi ini harus dilakukan mulai dari hal kecil dan kebiasaan ini memang harus dilawan dengan kebiasaan lain. Contohnya mengajak masyarakat menyusun program kerja. Ketika seseorang itu nanti mau nyaleg maka program itu yang dibawantya,” papar Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surya Tjandra yang bertandang ke kantor Malang Post, Jumat (14/9).
Peraih gelar master di School of Law University of Warwick, Inggris ini melanjutkan usulan yang berasal langsung dari masyrakat ini sesuai kebutuhan warga itu sendiri untuk dapat diperjuangkan di gedung dewan. Maka ketika ia terpilih, usulan tersebut dapat langsung dibawa menjadi susunan program yang akan masuk dalam program kerja legislator itu nantinya.  
“Ini juga dapat menjadi solusi menghentikan kebiasaan money politics. Jadi kita membuat program yang nantinya akan dijalankan sesuai dengan keinginan masyrakat sendiri. Maka masyarakat akan memilih karena program kerja yang disusunnya sendiri bukan karena janji politik bahkan politik uang,” tegas Surya yang didampingi beberapa bakal calon legislatif Kota Malang.
Bersama dengan Pimred Malang Post Dewi Yuhana, Surya juga antusias dalam melihat peran media dalam pesta demokrasi. Ia banyak menanyakan hal-hal yang dapat dilakukan media bersama pemegang kebijakan untuk menyukseskan pesta demokrasi. 
Peran media sendiri, dijelaskan Pimred Malang Post Dewi Yuhana tentunya akan memberikan edukasi politik. 
“Media seperti kami yang mengutamakan konten lokal tentu saja ingin daerahnya maju dan berkembang. Dalam momen pesta demokrasi tentu kita akan memberitakan apapun yang bermanfaat bagi warga Kota Malang. lebih-lebih pada sebuah ide yang solutif terhadap permasalahan bukan hanya sebatas diskusi saja,” jelas pimred yang akrab disapa Hana ini saat ditanya oleh Surya Tjandra.
Menurutnya, media memiliki keuntungan sendiri, yakni dapat mengajak seluruh elemen masyrakat mulai dari pembuat kebijakan hingga masyarakat biasa duduk dalam satu ruangan berdiskusi. Hasilnya menjadi sebuah rekomendasi yang dapat dijalankan bersama-sama.
Terkait hal ini pula Surya Tjandra mengungkapkan jika peran media pun sama pentingnya dengan pejabat pemerintahan.
“Tentu saja sebuah kebijakan jika didukung dengan peran media pasti lebih baik nanti hasilnya. Memberi pendidikan ke masyarakat bukan tugas satu dua orang saja soalnya,” pungkas Surya. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :